Kompas.com - 09/06/2021, 19:37 WIB
Memperingati Hari Laut Sedunia, Direktorat SD Kemendikbud Ristek membagikan 6 cara merawat laut tetap lestari. Tangkap layar Instagram Direktorat SDMemperingati Hari Laut Sedunia, Direktorat SD Kemendikbud Ristek membagikan 6 cara merawat laut tetap lestari.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siswa, tahukah kamu perbandingan luas daratan dan laut di bumi ini? Ternyata wilayah lautan menutupi lebih dari 70 persen planet Bumi ini.

Tiap tanggal 8 Juni juga diperingati sebagai Hari Laut Sedunia juga lho.

Sejarah singkat peringatan Hari Laut Sedunia dimulai saat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day diperingati setiap 8 Juni.

Dilansir dari unesco.org, gagasan Hari Laut Sedunia pertama kali diusulkan di KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brazil pada 1992 silam.

Baca juga: PPDB DIY 2021: Jadwal dan Syarat Pendaftaran Jenjang SMA/SMK

Sejarah singkat Hari Laut Sedunia

Saat itu, delegasi asal Kanada mengusulkan gagasan adanya hari khusus peringatan soal kelautan. Akan tetapi, usulan mereka tak langsung diresmikan. Pada 2002, Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori Jaringan Kelautan Dunia yang berperan penting dalam membangun dukungan terkait Hari Laut Sedunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian pada 5 Desember 2008, PBB secara resmi menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111.

Baca juga: PPDB Jabar 2021: Ini Jadwal Lengkap Pendaftaran Jenjang SMA, SMK, SLB

Tema Hari Laut Sedunia tahun ini bertajuk 'The Ocean: Life and Livelihoods' atau 'Lautan: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya'.

Dilansir dari Instagram resmi Direktorat SD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada beberapa hal yang bisa dilakukan para siswa untuk menjaga kelestarian laut Indonesia.

Baca juga: Bantuan APE 2021 Naik Drastis, Wujudkan PAUD Berkualitas

Direktorat SD mengajak agar siswa bersama-sama menjaga laut dari perubahan iklim untuk masa depan bersama.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan lestarikan air laut, dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.