Kompas.com - 09/06/2021, 10:53 WIB
Vaksin Covid-19 Gratis untuk Warga DKI Usia 18 Tahun ke Atas Dok. SVSVaksin Covid-19 Gratis untuk Warga DKI Usia 18 Tahun ke Atas

KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19, keluarga besar alumni tiga sekolah yang dikelola para Suster Ursulin di Jakarta, yaitu Santa Ursula, Santa Theresia, dan Santa Maria, mendirikan Sentra Vaksinasi Serviam atau SVS.

Setelah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat umum berusia 60 tahun ke atas dan memiliki KTP DKI Jakarta, SVS kini menggelar vaksinasi Covid-19 gratis untuk masyarakat usia minimal 18 tahun.

"Sesuai arahan pemerintah, jadi akseptor kami disesuaikan dengan target pemerintah. Awalnya lansia, kemudian masyarakat disabilitas, kemudian tenaga pendidik, kemudian 50+, baru hari ini kami buka pendaftaran untuk usia 18 ke atas," terang panitia bagian Hubungan Masyarakat SVS, Efika Rosmary, Rabu (9/6/2021).

Program vaksinasi ini menggunakan AstraZeneca dan terbuka untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas yang memiliki KTP elektronik DKI Jakarta atau KTP elektronik non-DKI ber-Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh RT dan RW (cap basah) di wilayah DKI yang menyatakan bahwa penerima vaksin telah berdomisili minimal selama enam bulan di DKI Jakarta.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Pendaftaran vaksinasi berlangsung mulai hari ini, Rabu (9/6/2021), dan akan berlangsung hingga 30 Juni 2021. Setiap hari selama periode tersebut, SVS menyediakan 500 kuota per hari. Pendaftaran dimulai 9 Juni 2021 pukul 10.00 WIB melalui situs web https://www.vaksinasiserviam.com.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, SVS menjadi bentuk dukungan dari komunitas pendidikan Ursulin, yang juga melibatkan pihak yayasan, guru, dan karyawan dari tiga sekolah, untuk membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah yang saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Dalam rilis sebelumnya, Ketua Yayasan Satya Bakti yang menaungi Sekolah Santa Ursula Jakarta, Suster Edith Watu, OSU mengatakan, kegiatan ini adalah wujud nyata semangat Serviam (“Aku Mengabdi”) yang menjadi moto komunitas pendidikan Ursulin.

“Ini adalah perwujudan pengabdian kita kepada sesama. Jika kita memiliki lokasi dan fasilitas strategis yang bisa mendukung program pemerintah untuk kesehatan masyarakat, mengapa tidak kita lakukan?” kata Suster Edith dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka Beasiswa S1, Bebas SPP dan Dapat Uang Saku

Sementara itu, Ketua III Yayasan Nitya Bhakti, pengelola Sekolah Santa Maria Jakarta, Suster Korina Ngoe, OSU berharap agar masyarakat terutama lansia bisa memanfaatkan SVS ini untuk memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan meminimalkan dampak sosial ekonomi.

“Semoga SVS bisa membantu menurunkan angka penderita dan kematian, serta mendorong terciptanya kekebalan kelompok atau herd community,” kata Suster Korina.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X