Kompas.com - 08/06/2021, 19:40 WIB
Tangkapan layar foto-foto adegan di sinetron Zahra Indosiar, yang melibatkan aktris di bawah umur untuk perankan sosok istri TwitterTangkapan layar foto-foto adegan di sinetron Zahra Indosiar, yang melibatkan aktris di bawah umur untuk perankan sosok istri
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Baru-baru ini, salah satu sinetron berjudul Suara Hati Istri: Zahra tengah menjadi sorotan publik.

Masyarakat menganggap sinetron Zahra secara tidak langsung melanggengkan budaya pernikahan dini dan mempertunjukkan aksi pedofilia.

Baca juga: PTM Terbatas, Nadiem Makarim: Siswa Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Karenanya, sinetron yang tayang di Indosiar itu menceritakan poligami tiga istri dengan istri ketiganya bernama Zahra berusia remaja.

Usia aktris pemeran Zahra yang baru menginjak 15 tahun itu juga menjadi salah satu akar ramainya kritik terhadap sinetron tersebut.

Banyaknya kritikan yang menerpa sinetron Zahra membuat Pakar Gender dan Kajian Budaya Unair Diah Ariani Arimbi angkat bicara.

Dia menilai sinetron Zahra secara tersirat berhasil memancing kesadaran masyarakat, bahwa permasalahan pernikahan dini memang masih ada dan terjadi di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di dalam cerita itu, masyarakat perlu lihat bagaimana representasi perkawinan anak, sebelum anggaap sinetron Zahra telah mempromosikan pernikahan dini," jelas dia melansir laman Unair, Selasa (8/6/2021).

Menurut dia, apabila sang tokoh mengalami sedih, depresi, atau tertekan terhadap pernikahannya, maka konsep perkawinan anak direpresentasikan secara negatif dan mengandung pesan, agar penonton tidak meniru pernikahan dini.

"Karena itu sifatnya bisa merugikan dan mengacaukan masa depan anak," tegas dia.

Sementara itu, apabila sang tokoh justru merasa bahagia maka cerita itu merepresentasikan citra positif.

Baca juga: PPDB DKI Jakarta: Kendala Teknis Ditangani, Waktu Daftar Diperpanjang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.