Kompas.com - 08/06/2021, 18:15 WIB
Orang Tua Murid menunggu mengadu akan permasalahan PPDB DKI Jakarta, Selasa (8/6/2021). DJATI WALUYOOrang Tua Murid menunggu mengadu akan permasalahan PPDB DKI Jakarta, Selasa (8/6/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta telah dibuka mulai Senin 7 Juni 2021, kemarin.

Seluruh proses PPDB DKI Jakarta ini dilakukan secara online di situs ppdb.jakarta.go.id.

Namun dalam pelaksanaannya, PPDB DKI Jakarta sempat mengalami kendala teknis. Permasalahan teknis saat PPDB DKI Jakarta hari pertama ini pun marak dibahas di dunia maya.

Pemprov DKI Jakarta bertindak cepat mendengarkan keluhan orangtua dan siswa dengan memperbaiki sistemnya. Dalam perbaikan ini Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

Baca juga: Ini Beda Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut dan Universitas

Utamakan unsur kesetaraan dalam PPDB DKI Jakarta 2021

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah dalam merespon masalah yang sempat muncul dan dirasakan para siswa dan orangtua yang mengikuti PPDB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alhamdulillah, itu sekarang sudah tertangani dengan baik. Kita akan lakukan penyesuaian, pastikan ini berjalan dengan baik. Kita mengedepankan unsur kesetaraan keadilan, soal waktu, ada waktu ekstra," ujar Gubernur Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (8/9/2021).

Anies menerangkan, setelah masalah pengajuan akun pendaftaran selesai ditangani, pihaknya juga sempat menghadapi proses sinkronisasi data. Namun proses tersebut sudah berhasil diselesaikan.

"Problem yang kemarin muncul adalah bagian dari pengembangan yang sedang dilakukan. Dilakukan upgrade, sehingga masyarakat dapat mengisi pendaftaran, revisi. Tetapi konsekuensinya itu, beban menjadi lebih besar (pada aplikasi). Sekarang, sudah diselesaikan karena tim kita bergerak cepat, dengan respons yang cepat," urai Anies.

Baca juga: PPDB 2021: Intip Daya Tampung 16 SMP Negeri di Kota Yogyakarta

Rincian calon peserta didik baru

Menurut Anies, pendaftar yang diantisipasi untuk mengikuti PPDB di DKI Jakarta untuk tahun ajaran 2021/2022 sekitar 300.000.

Hingga pukul 13.43 WIB, total ajuan akun mencapai 208.959, dengan rincian sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X