Kompas.com - 06/06/2021, 09:21 WIB
Ilustrasi nata_zhekova/ThinkstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi para pelaku budaya atau kelompok seniman yang ingin melanjutkan studi Pascasarjana, kini ada tawaran menarik.

Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki skema beasiswa pelaku budaya program Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbud Ristek RI.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohammad Fahmi menjelaskan, skema beasiswa Pascasarjana bagi seniman di Unpad terbuka untuk dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Budaya.

Kebijakan ini disesuaikan dengan ketetapan Kemendikbud Ristek bahwa beasiswa pelaku budaya diperuntukan untuk program sosiohumaniora.

Baca juga: Beasiswa S1 Pelaku Seni Budaya LPDP Dibuka, Ini Syaratnya

“Beasiswa jenjang Magister dan Doktor untuk pelaku budaya ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia yang aktif bergerak di bidang kebudayaan,” kata Fahmi, dilansir dari laman unpad.ac.id

Sementara, Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FIB Unpad Lina Meilinawati, mengungkapkan beasiswa ini bisa dimanfaatkan para seniman untuk mendaftar studi Pascasarjana di FIB dengan pengutamaan pada Kajian Budaya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi yang dilakukan akan menekankan pada penulisan tesis dan disertasi mengenai jalur rempah serta repatriasi benda warisan budaya.

“Kami sangat menyambut gembira dengan adanya beasiswa bagi pelaku budaya ini,” kata Lina.

Disisi lain, Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FISIP Unpad Ida Widianingsih menjelaskan, dari sembilan prodi Pascasarjana yang dibuka di FISIP, para seniman bisa mendaftar ke beberapa prodi yang berkaitan dengan budaya, di antaranya antropologi, sosiologi, hingga kebijakan publik.

“Prodi ini sangat cocok bagi pelaku budaya, karena kajian di FISIP rata-rata multidisipin, sehingga relatif bisa masuk tergantung asesmennya,” kata Ida.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X