Kompas.com - 05/06/2021, 07:43 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang enggan minum susu alasannya karena dapat membuat tubuh menjadi gemuk.

Faktanya, susu tidak membuat tubuh seseorang menjadi gemuk. Faktor yang membuat gemuk adalah total asupan harian yang melebihi kebutuhan.

“Tidak semua susu membikin gemuk, tergantung jenis susu, cara atau pola mengonsumsinya seperti apa, kapan minumnya, di tambah lagi bukan susunya yang bikin gemuk tetapi temannya dalam mengkonsumsi susu, mungkin ditambah roti bakar atau sebelumnya sudah makan nasi dengan segala jenis lauk-lauknya," tutur Spesialis Gizi Klinis, Etisa Adi Murbawani dilansir dari laman Universitas Diponegoro (Undip).

Semua susu, memiliki lemak dan zat-zat kecil yang dibutuhkan seperti kalsium dan vitamin.

Baca juga: Peneliti Unair: Madu dari Lebah Ini Bantu Atasi Osteoporosis

"Namun jangan berpendapat setelah minum susu, kita tidak mengonsumsi apa-apa lagi sebab kita juga masih memerlukan serat atau mineral-mineral lainnya yang masih dibutuhkan tubuh diluar susu," lanjutnya.

Menurut Etisa, dosis minum susu bagi anak-anak dan dewasa berbeda, berapa kali mengonsumsinya dan jenisnya pun berbeda.

Misalnya bayi baru lahir, organ pencernaannya hanya bisa mencerna bentuk cair, utamanya ASI.

Jika ASI yang diberikan kurang, baru digantikan dengan susu formula. Kemudian setelah enam bulan keatas diberi makanan tambahan secara bertahap.

Baca juga: Siswa SD Ini Ubah 3 Tanaman Liar Jadi Penurun Kolesterol dan Gula Darah

"Susu bukan makanan utama, ia pelengkap bukan pengganti makanan dan minum susu tidak membuat gemuk. Bagi yang senang minum susu tapi takut gemuk, kita bisa pilih susu yang rendah gula atau rendah lemak," tambahnya.

Malah ada beberapa zat-zat dalam susu yang membantu memecahkan lemak sehingga bisa membuat pencernaannya lebih bagus dan justru itu akan membuat proses pengurusan berat badannya semakin cepat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.