Kompas.com - 05/06/2021, 07:36 WIB
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAPelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM)
|

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), maka bisa mendaftar melalui jalur seleksi Ujian Mandiri dengan sistem Computer Based Test (CBT-UM UGM).

Adapun kuota yang dibuka pada jalur ini cukup banyak, yakni 40 persen dari total daya tampung, jadi sekitar 3.240 orang.

CBT-UM UGM 2021 adalah salah satu jalur pendaftaran mahasiswa program sarjana di UGM. Disamping jalur tersebut, UGM juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur prestasi (PBU).

Baca juga: Lansia Harus Banyak Istirahat, Dosen UGM: Justru Dianjurkan Aktif Gerak

Jika kamu tertarik masuk UGM, maka harus segera mendaftar. Karena pendaftaran telah dibuka, mulai 2-12 Juni 2021 pukul 15.00 WIB secara online.

Kriteria

Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat pada Tahun 2021, 2020, dan 2019, untuk memilih 2 prodi Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4).

Adapun kelompok ujian dalam CBT-UM UGM Tahun 2021 terbagi menjadi 3, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Sosial dan Humaniora (Soshum)
  • Campuran (Saintek dan Soshum)

Setiap peserta hanya dapat mengikuti salah satu dari 3 kelompok ujian yaitu Saintek atau Soshum atau Campuran.

Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso M. Agr., jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui CBT UM ini baru pertama kalinya diselenggarakan oleh UGM. Sebelumnya, ujian mandiri dilaksanakan berbasis paper based test.

Jadwal tes

Nantinya, pelaksanaan CBT UM UGM 2021 akan dilaksanakan secara luring di dua kota, yakni Yogyakarta dan Jakarta.

1. CBT-UM UGM di Yogyakarta akan dilaksanakan di Kampus UGM pada 19-29 Juni 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.