Kompas.com - 04/06/2021, 16:46 WIB
Sekolah Tatap Muka Disambut Antusias, Siswa Antri Cuci Tangan dan Periksa Suhu Tubuh Puluhan Meter di Pintu Gerbang KOMPAS.COM/JUNAEDISekolah Tatap Muka Disambut Antusias, Siswa Antri Cuci Tangan dan Periksa Suhu Tubuh Puluhan Meter di Pintu Gerbang
|

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan siswa masih menemui banyak kendala. Selain akses internet, siswa kini juga mulai merasakan jenuh.

Meski telah banyak kebijakan dan program untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, namun perubahan pola pembelajaran yang begitu drastis berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran.

Padahal, kualitas pembelajaran merupakan kunci dari hasil belajar peserta didik itu sendiri.

Meski adanya pandemi ini sisi positif juga dirasakan, seperti pemanfaatan teknologi digital, tetapi PJJ tak bisa terus menerus dilaksanakan.

Baca juga: Ini Jadwal dan Persyaratan PPDB Jabar 2021

Melansir laman Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kamis (3/6/2021), Dina Martha Tiraswati, M.Pd., selaku Pengawas SMK Cadisdik Wilayah I Provinsi Jawa Barat memberikan pandangan.

Kebijakan penutupan sekolah telah berdampak hilangnya pengetahuan atau keterampilan peserta didik dari yang sebelumnya sudah dipelajari atau dikuasai (learning loss).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bahkkan Kemendikbud Ristek, perlu waktu 9 tahun bagi peserta didik untuk bisa menyusul ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi Covid-19," terang Dina Martha seperti dikutip dari laman Disdik Jabar.

Dimana, learning loss berakibat pada penurunan penguasaan kompetensi peserta didik yang memiliki dampak jangka panjang, bahkan diprediksi bisa sampai puluhan tahun.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang berdasar pada kemampuan dasar anak untuk dikembangkan sesuai rangkaian perkembangan kompetensi.

Pada pembelajaran masa pandemi Covid-19, strategi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran campuran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.