Kompas.com - 04/06/2021, 12:24 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Pendidikan Tinggi, di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020). DOK. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Pendidikan Tinggi, di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).
|

KOMPAS.com - Saat ini, mahasiswa tak hanya dituntut cakap disatu bidang ilmu saja. Tetapi juga harus bisa menguasai bidang ilmu lain.

Kenapa hal ini penting? Ternyata ketika lulus kuliah, banyak dijumpai para lulusan bekerja di bidang ilmu yang berbeda dari jurusannya.

Maka tak heran jika Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengeluarkan Kebijakan Kampus Merdeka.

Baca juga: Merdeka Belajar Episode 6, Ini 3 Terobosan Nadiem untuk Perguruan Tinggi

Pada peluncuran Merdeka Belajar Episode 2 awal 2020 yang lalu, Nadiem menyatakan bahwa kini penting sekali mahasiswa juga belajar di rumpun ilmu yang lainnya.

Lahirkan karya unik dan inovatif

Menurutnya, ketika satu rumpun ilmu digabungkan dengan rumpun ilmu lainnya, biasanya akan melahirkan suatu karya yang unik dan inovatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam tayangan cuplikan video yang diunggah ulang di akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, Selasa (1/6/2021), Nadiem memberikan paparannya.

Dijelaskan, ketika mahasiswa berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka, pengalaman tersebut bisa dikonversikan ke SKS dan tidak menghalangi proses kuliah keseluruhan.

"Hal ini diterapkan tidak hanya untuk memastikan bahwa lulusan-lulusan kita bisa berkarir sesuai dengan minat mereka, namun juga terbekali dengan kombinasi disiplin ilmu yang memang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan industri kerja yang semakin kompleks," terang Nadiem.

Mengapa perlu belajar di luar prodi?

Menurut Nadiem, sekarang apakah ada dunia kerja yang hanya menggunakan satu rumpun ilmu saja?

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X