Kompas.com - 04/06/2021, 09:58 WIB
Meski terkendala jaringan internet, Puspresnas mengusahakan siswa Papua tetap dapat mengikuti seleksi KSN 2021 dengan mengirimkan langsung soal dalam bentuk diska lepas. DOK. PUSPRESNASMeski terkendala jaringan internet, Puspresnas mengusahakan siswa Papua tetap dapat mengikuti seleksi KSN 2021 dengan mengirimkan langsung soal dalam bentuk diska lepas.

KOMPAS.com - "No one left behind" atau tidak ada satupun/seorangpun ditinggalkan, menjadi semangat yang muncul dalam seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang mulai digelar tahun ini.

Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik di tingkat kota/kabupaten melalui KSN Tingkat Kota/Kabupaten (KSN-K) jenjang SMA/MA.

Kegiatan ini diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) pada 2-4 Juni 2021.

KSN-K adalah kompetisi di bidang sains merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat nasional. Ada sembilan bidang dilombakan KSN 2021, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.

Kompetisi yang dua tahun sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini diselenggarakan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Meski dilaksanakan daring, tidak semua siswa perwakilan daerah mudah mengikuti penyisihan KSN-K tahun ini. Ada beberapa kabupaten masih terkendala jaringan seperti beberapa kabupaten Provinsi Papua Barat yang sejak April 2021 lalu mengalami putusnya jaringan.

Secara khusus, Puspresnas mengirimkan timnya datang ke lokasi seleksi untuk mengantar soal dan sekaligus mengambil jawaban dari peserta.

"Sebagai bentuk komitmen kami (Kemendikbudristek) untuk memajukan pendidikan di seluruh Indonesia termasuk daerah 3T kami langsung tugaskan tim kami datang ke lokasi," tegas Asep Sukmayadi, Plt. Kepala Puspresnas.

Baca juga: 6 Siswa Indonesia Ukir Prestasi di Olimpiade Informatika Asia-Pasifik

Jadi motivasi siswa Papua

Yosse Ervindry, Pengolah Peserta Didik Puspresnas secara khusus membawa soal-soal KSN-K 2021 dalam format diska lepas atau USB bagi siswa di beberapa kabupaten Papua yang tengah mengalami kendala jaringan internet.

"Sejak sebulan lalu internet di beberapa wilayah Papua seperti kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keroom mengalami gangguan internet, sedangkan KSN-K tahun ini sistemnya seperti UNBK dan bentuk soalnya seperti UTBK masuk perguruan tinggi," jelas Yose kepada Kompas.com.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.