Kompas.com - 03/06/2021, 14:45 WIB
Grup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing. kompas.comGrup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Gojek dan Tokopedia telah resmi bergabung dengan nama brand perusahaan baru, yakni GoTo Group.

Menurut Pakar Ekonomi Unair Wasiaturrahma, setelah keduanya resmi berkolaborasi, maka bisa membawa angin segar bagi jutaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bernaung di bawahnya.

Baca juga: SMA Terbaik di Tegal dan Brebes Berdasarkan Nilai UTBK 2020

"Ini akan menimbulkan efisiensi sekaligus peluang baru bagi UMKM," katanya melansir laman Unair, Kamis (3/6/2021).

Tak hanya itu, dia meyakini, dengan adanya mega merger Gojek dan Tokopedia bisa memperluas ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Dia menuturkan, UMKM yang bernaung di bawah Gojek dan Tokopedia akan mendapatkan peluang emas berkat mega merger ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, kolaborasi tersebut tidak hanya melibatkan penggabungan jajaran direksi dan sistem, melainkan juga menggabungkan UMKM dan pelanggan kedua startup dalam satu naungan yang sama.

"Bisnis yang hanya ada di Tokopedia kini bisa dipasarkan melalui Gojek, begitupun sebaliknya, pelanggan Gojek juga berpeluang menjadi konsumen Tokopedia," sebut dia.

Dari sudut pandang ekonomi makro, dia mengungkap adanya pengaruh dari perluasan pasar yang ditimbulkan akibat penggabung Gojek dan Tokopedia.

"Ini sangat berpengaruh dengan ekonomi makro tentunya, karena proses pemasaran UMKM itu sendiri bisa membantu exposure dan daya jangkaunya," ujar dia.

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2020

Meski dalam jangka pendek grup raksasa teknologi dengan valuasi terbesar di Asia Tenggara ini belum berdampak besar bagi Indonesia, namun pengaruhnya akan sangat terasa kepada UMKM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X