Kompas.com - 02/06/2021, 17:25 WIB
ilustrasi minuman bersoda shutterstockilustrasi minuman bersoda

KOMPAS.com - Jika cuaca panas, atau terik matahari di siang hari membuat kerongkongan haus kadang keinginan meminum minuman dingin semakin meningkat.

Apalagi, jika minuman itu adalah minuman kaleng bersoda atau minuman dingin lainnya yang tersedia di toko. Rasa nikmat dan manisnya minuman dalam kemasan kaleng atau plastik tak cuma mengusir haus namun juga memanjakan lidah.

Tetapi, sebelum mengonsumsi minuman bersoda atau minuman yang mengandung gula, jangan dijadikan kebiasaan untuk dikonsumsi setiap hari.

Stefania Widya Setyaningtyas, akademisi Universitas Airlangga (Unair) mengatakan bahwa asupan gula setiap orang berbeda.

Bagi orang normal tanpa diabetes disarankan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 10 persen kebutuhan energi.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

"Ini setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram per hari.,” kata Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat ini dilansir dari laman Unair.ac.id.

Sedangkan bagi penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan gula tidak lebih dari 5 persen per hari.

Minuman kemasan bersoda mengandung setidaknya 31 gram gula dalam satu sajian yang dianjurkan. Meski jumlah ini masih aman untuk dikonsumsi karena jumlahnya yang tidak melebihi jumlah kebutuhan asupan gula bagi orang normal, tapi minuman tersebut tergolong dalam jenis “empty calories”.

“Artinya dalam minuman itu hanya mengandung energi dalam bentuk makronutrien tapi tidak mengandung mikronutrien seperti vitamin dan mineral,” ujar Stefani.

Ia mengatakan, konsumsi empty calories food berlebih akan menyebabkan seseorang rentan mengalami defisiensi vitamin dan mineral penting.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.