Kompas.com - 31/05/2021, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Memaknai kebangsaan, haruslah paham dulu apa saja yang menjadi prinsip kebangsaan.

Terkait ini, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengatakan ada lima hal penting yang harus menjadi perhatian dalam mengelola prinsip kebangsaan.

Yakni pluralisme, insklusivisme, universalisme, nasionalisme, dan konsitutisioanlisme.

Hal itu disampaikan Jimly saat Halalbihalal dan Aksi Sosial dengan tema “Idul Fitri, Pandemi dan Kebhinekaan” di Kampus Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI) Diponegoro, Jakarta, Sabtu (29/5/2021).

Jimly mengatakan, pertama yang harus dilakukan adalah pengakuan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang menjunjung pluralisme. Atau, paham atas keberagaman.

Baca juga: Lima Cara Mengasah Jiwa Inovatif dan Jadi Lebih Kreatif

Lalu, memahami inklusivisme, bahwa masyarakat Indonesia tidak boleh membiarkan adanya persepsi masing-masing warga negara tentang suatu kebenaran.

“Jangan sampai kita larut dalam eksklusivitas. Kita harus melakukan segala cara agar menjadi inklusifisme,” ujar Jimly.

Cara pandang yang ketiga untuk mempersatukan bangsa Indonesia adalah universalisme. Lima nilai Pancasila telah menjadi identitas bangsa Indonesia yang perlu dijunjung tinggi.

"Saatnya kita membangun sistem etika kehidupan berbangsa dan bernegara, selain hukum berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Makna Lambang Pancasila

Lalu masyarakat Indonesia, juga harus memiliki rasa nasionalisme untuk mempersatukan keanekaragaman bangsa kita di tengah pergaulan antarbangsa.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.