Kompas.com - 31/05/2021, 13:01 WIB
Ikhsyat Syukur saat memberikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Peserta Program Fellowship Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) secara daring, Senin (31/5/2021). Tangkapan layar Zoom Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP)Ikhsyat Syukur saat memberikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Peserta Program Fellowship Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) secara daring, Senin (31/5/2021).
|

KOMPAS.com - Salah satu pengamat pendidikan yang juga Penggagas Sekolah Ilmuwan Minangkabau (SIM) Ikhsyat Syukur terus mengingatkan pada jurnalis atau wartawan untuk membuat karya jurnalistik berkualitas.

Tak hanya itu saja, Ikhsyat juga meminta agar jurnalis tak henti-hentinya turut mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui karya jurnalistiknya.

Hal itu disampaikan Ikhsyat Syukur saat memberikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Peserta Program Fellowship Angkatan ke-2 gelaran Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) secara daring, Senin (31/5/2021).

Baca juga: 6 Dampak Negatif Media Sosial, Siswa Wajib Hati-hati

"Profesi wartawan itu profesi mulia. Ini karena wartawan bisa menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat luas," ujarnya.

Tak hanya itu saja, khususnya jurnalis pendidikan juga dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini juga sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 terkait cita-cita bangsa salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Jadi, kawan-kawan pers punya peran penting untuk membantu mencapai cita-cita kemerdekaan atau pendiri bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peran jurnalis

Lebih jauh, Ikhsyat menjelaskan bahwa jurnalis memiliki peran sosial, yakni:

1. Mengedukasi, memberikan edukasi kepada masyarakat melalui karya jurnalistik yang berkualitas.

2. Melakukan kontrol sosial terhadap apa saja, terutama pada penyelenggaraan negara.

Tugas utama jurnalis yang lain ialah terkait moral. Yakni menyampaikan informasi yang benar, valid, objektif (tidak berpihak) dan berimbang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.