Kompas.com - 30/05/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi guru dan murid shutterstockIlustrasi guru dan murid

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih membuka kesempatan bagi calon pelatih ahli program Sekolah Penggerak tahun 2021 hingga 5 Juni 2021.

Saat ini telah tercatat lebih dari 10.000 calon pelatih ahli yang mendaftar melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak.

Selanjutnya, rekrutmen ini akan menyaring 700 pelatih ahli dengan kualifikasi terbaik untuk bersama-sama memberikan dampak bagi cita-cita besar pendidikan Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak para akademisi, praktisi pendidikan, widyaiswara, dan pengawas sekolah di 111 kabupaten/kota daerah sasaran program untuk berpartisipasi. Selain itu, ia juga mengajak pensiunan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru yang memiliki komitmen untuk berpartisipasi memajukan ekosistem pendidikan.

“Kesempatan untuk menjadi pelatih ahli adalah kesempatan untuk berkontribusi dalam upaya gotong royong mentransformasi pendidikan Indonesia, belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah dan guru di daerah sasaran serta berjejaring dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan dan komunitas dalam program Sekolah Penggerak,” ungkap Menteri Nadiem dilansir dari laman Kemdikbud.go.id.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Baru 111 Daerah Ikut Program Sekolah Penggerak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadiem menambahkan bahwa transformasi pendidikan Indonesia tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya semangat gotong royong. Untuk itu, dibutuhkan sosok penuh inspirasi dan dedikasi yang mendampingi kepala sekolah, guru serta pengawas sekolah untuk belajar, berbagi, berkonsultasi, dan bersama-sama mewujudkan ekosistem sekolah yang berpihak pada pelajar.

"Kami mencari pelatih ahli terbaik, berintegritas, percaya pada perubahan dan bersedia turut serta bergotong royong memajukan pendidikan Indonesia," ujar Menteri Nadiem.

Mengenal pelatih ahli Program Sekolah Penggerak

Pelatih ahli Sekolah Penggerak akan berperan sebagai pendamping dan pendukung bagi kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah/penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Selain itu, sebagai pelatih ahli, ia juga akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten selama minimal satu tahun.

Kemudian, pelatih ahli akan bertugas mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di setiap kabupaten/kota di Indonesia. Seleksi pelatih ahli merupakan rangkaian program Sekolah Penggerak yang menjadi terobosan Merdeka Belajar Episode Ketujuh.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.