Kompas.com - 28/05/2021, 12:34 WIB
Ilustrasi anemia shutterstockIlustrasi anemia

KOMPAS.com - Merasa lelah, pusing dan lunglai? Bisa jadi kondisi ini terjadi akibat anemia. Anemia terjadi saat berkurangnya sel darah merah pada tubuh. Meski bisa dikatakan sebagai penanda adanya defisiensi nutrisi, anemia juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit.

Konsultan hematologi pada Departemen Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Delita Prihatini, menjelaskan, anemia karena defisiensi nutrisi disebabkan oleh berkurangnya pasokan nutrisi sebagai bahan baku dalam membentuk sel darah merah. Pasokan nutrisi tersebut di antaranya zat besi, vitamin, asam folat, hingga protein.

Delita menjelaskan, proses pembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah dalam tubuh dilakukan di sumsum tulang.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Alami Obati Tekanan Darah Tinggi

Ibarat sebuah pabrik, jika pasokan bahan bakunya kurang optimal, akan berdampak pada kualitas hasil produksinya.

Selain dari bahan baku yang kurang, ketidakoptimalan pembentukan sel darah merah juga disebabkan adanya kelainan pada “mesin pembuat” sel darah merah. Secara medis, kelainan ini disebut dengan penyakit talasemia.

Faktor lainnya adalah anemia bisa terjadi karena kebutuhan darah yang meningkat. Kondisi ini terjadi tatkala seseorang mengalami perdarahan, sehingga rentan menyebabkan anemia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Delita mengungkapkan, untuk bisa membedakan anemia karena nutrisi dengan penyakit bisa melalui pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan yang paling umum adalah melakukan pemeriksaan sel darah menggunakan mikroskop.

Pemeriksaan menggunakan mikroskop dilakukan untuk memprediksi penyebab anemia secara awal. “Walaupun tidak terlalu tepat, tetapi (pemeriksaan) bisa memprediksi kelainan ini karena di pabrik, karena bahan bakunya, atau karena kebutuhan meningkat tadi. Terlihat dari bentuk sel darahnya,” terangnya dilansir dari laman resmi unpad.ac.id

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Gejala anemia

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unpad yang juga menjadi konsultan hematologi, Susi Susanah, menuturkan, anemia merupakan kondisi ketika kadar hemoglobin di bawah rata-rata.

“Anemia ini adalah kurang sel darah merah atau kurang darah, bukan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah tidak ada hubungannya dengan anemia,” ujar Susi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.