Kompas.com - 27/05/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional

KOMPAS.com - Bagi para guru yang ingin mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) pada 31 Mei mendatang, perlu memperhatikan tes kompetensi PPPK 2021.

Merangkum dari berkas PDF Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN 2021 di Pemerintah Daerah, yang dilaksanakan Kemenpan RB beberapa waktu lalu ada tes Kompetensi PPPK tahun 2021.

Tes tersebut, terdiri dari:

  • Kompetensi Teknis
  • Kompetensi Manajerial
  • Kompetensi Sosio Kultural.

Di samping tes kompetensi, peserta seleksi PPPK 2021 juga direncanakan akan menjalani tes wawancara berbasis komputer.

Baca juga: Seleksi Guru PPPK, Mendikbud: Upaya agar Guru Honorer Dapat Gaji Layak

Bagian tes kompetensi teknis terdiri dari 70-100 soal pilihan ganda lima opsi benar atau salah. Sementara bagian tes kompetensi manajerial terdiri dari 20-30 soal pilihan ganda berjumlah empat dengan rentang nilai 0-4.

Untuk bagian tes kompetensi sosio kultural juga berbentuk pilihan ganda berjumlah 5 dengan rentang nilai 0-5.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keseluruhan tes kompetensi direncanakan memiliki durasi 120-160 menit. Adapun tes wawancara seleksi PPPK 2021 berdurasi 10 menit.

Passing grade (PG) nilai kompetensi teknis direkomendasikan oleh instansi pembina dan ditetapkan Panselnas. Adapun passing grade nilai penjumlahan kompetensi manajerial dan sosiokultural ditentukan Panselnas.

Baca juga: Dibuka Akhir Mei, Ini Syarat dan Formasi Seleksi Guru PPPK 2021

Sementara passing grade wawancara tidak ditentukan, sehingga hanya untuk menambah nilai akhir dan dapat digunakan instansi pengguna untuk menggali dan mengonfirmasi kembali integritas dan moral peserta.

Adapun materi tes kompetensi teknis PPPK 2021 mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X