Kompas.com - 26/05/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Penerimaan calon peserta didik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 dilaksanakan melalui 4 jalur penerimaan, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua dan wali murid serta jalur prestasi.

Namun, sebelum melalukan pendaftaran tidak ada salahnya mengenal jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua atau wali murid.

Melansir dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Kedua jalur tersebut, merupakan jalur opsi dalam proses penerimaan calon peserta didik yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar pada jalur zonasi dan afirmasi. Lalu, bagaimana ketentuan pelaksanaan kedua jalur tersebut?

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Jalur perpindahan tugas orangtua atau wali murid

Jalur perpindahan tugas orangtua / wali memiliki proporsi kuota maksimal 5 persen dalam PPDB di suatu sekolah.

Perpindahan tugas orangtua/ wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan orang tua / wali calon peserta didik.

Bila terdapat sisa kuota jalur perpindahan orang tua, calon peserta didik yang merupakan anak dari tenaga pendidik dapat mengikuti PPDB jalur perpindahan orang tua di sekolah tempat orang tuanya mengajar.

Penentuan peserta didik jalur perpindahan tugas orang tua tetap memprioritaskan jarak tempat tinggal calon peserta didik terdekat dengan sekolah.

Baca juga: BCA Buka Pendaftaran Kuliah Gratis Bisnis-Perbankan bagi Lulusan SMA/SMK

Melansir Permendikbud No 1 Tahun 2021, jalur perpindahan tugas orangtua/wali murid memiliki mekanisme seleksi dengan mempertimbangkan:

  • Untuk calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas usia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) dan
  • Jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah kabupaten/kota.

Jika usia calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sama, maka penentuan peserta didik didasarkan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.

Seleksi calon peserta didik baru kelas 1 SD tidak boleh dilakukan berdasarkan tes membaca, menulis, dan/atau berhitung.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.