Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2021, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Bagi orangtua, membesarkan Anak Disabilitas Pendengaran (ADP) perlu perhatian ekstra. Karena, membesarkan ADP adalah pengalaman yang menantang bagi setiap orang tua. Memiliki ADP bukan aib dan juga bukan akhir segalanya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu ADP dapat mandiri dan mencapai potensi maksimal mereka. Tentu orangtua tidak perlu merasa kesulitan membesarkan ADP. Ada banyak tips dan cara bagi orangtua memberikan perhatian kepada anak-anak. Dilansir dari Instagram Kemendikbud Ristek, berikut tips membesarkan ADP:

Pemeriksaan telinga

Melakukan pemeriksaan telinga sejak bayi baru lahir sangat penting untuk mengetahui apakah ada gangguan pendengaran sehingga orang tua bisa mengambil langkah yang tepat.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Pemeriksaan awal bisa dilaksanakan secara sederhana, dengan memperhatikan reaksi ADP ketika mendengar bunyi di sekitarnya atau bunyi yang kita ciptakan. Misalnya, botol atau gelas dipukul dengan sendok.

Periksakan ADP ke dokter THT untuk dites secara objektif dengan tes audiometer. Bacalah hasil tes tersebut pada audiogram untuk melihat jenis dan tingkat ketulian (ringan, sedang,berat atau sangat berat/total.

Gunakan hasil pengukuran tersebut untuk membelian alat bantu dengar (ABD) konvensional. Termasuk, melakukan terapi wicara. Hal ini dilakukan untuk membantu ADP dengan berbagai kategori dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan penguasaan bahasa. Membutuhkan proses yang tidak instan dan keterlibatan tinggi dari orang tua.

Meskipun bahasa isyarat tidak dianjurkan, kategori ketulian ADP jenis sedang atau berat dapat menggunakan ABD konvensional.

Baca juga: Peserta Disabilitas UTBK Butuh Pendamping? Hubungi Gempita UM

Teknologi amplifikasi

Teknologi dapat membantu ADP untuk mendengar. Pelatihan pendengaran bagi ADP yang menggunakan ABD diberi nama Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (PKPBI). Meliputi 4 tahap, yaitu:

  • Latihan mendeteksi bunyi Latihan kesadaran untuk meningkatkan daya sensitivitas terhadap bunyi
  • Latihan diskriminasi bunyi Latihan membedakan bunyi
  • Latihan identifikasi bunyi Latihan untuk mengenal dan menyebutkan bunyi-bunyi tertentu.
  • Latihan komprehensi bunyi Latihan memahami bahasa, menangkap makna dari bunyi yang didapatinya.

Pengembangan bahasa dan proses mendengar

ADP sering tidak dapat belajar mengembangkan bahasa dan berbicara dengan cara alami. Orang tua perlu mengajarkan ADP tata bahasa dan susunan kata dalam kalimat.

Orang tua perlu menyadari bahwa keterampilan memori pendengaran dan bahasa yang komprehensif mungkin tertunda, karena belum memahami nama kata benda atau kata sifat. Penggunaan sarana yang beragam, misalnya membaca, menulis, berbahasa isyarat dan media visual dapat mengembangkan keterampilan bahasa.

Baca juga: Optimalkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus lewat Seni Musik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+