Kompas.com - 25/05/2021, 16:38 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto menyebut alumni UGM harus terus belajar dan meningkatkan kompetensi untuk melengkapi bekal kemampuan yang telah diperoleh selama kuliah.

Hal itu disampaikan dalam pembekalan calon wisudawan Program Sarjana dan Diploma Periode Mei 2021, melansir laman UGM, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Mau Lihat Gerhana Bulan Total Bersama Bosscha ITB? Daftar di Sini

"Harus belajar hal-hal baru, terus bergerak di tengah semua perubahan. Saat ini banyak sarana untuk meningkatkan kompetensi dengan pelatihan-pelatihan daring, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," kata dia.

Kepada para calon wisudawan, dia menyampaikan tantangan yang dihadapi lulusan perguruan tinggi di tahun ini berbeda dengan tantangan yang dihadapi generasi sebelumnya.

Dia menegaskan, dengan perkembangan teknologi yang terus bergulir, kompetensi yang dicari perusahaan penerima kerja juga berubah.

Pemahaman akan penggunaan teknologi dalam dunia kerja, bilang dia, menjadi modal yang penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain modal lainnya, seperti kemampuan berbahasa Inggris.

Di samping meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan, lanjut dia, calon wisudawan juga didorong untuk mulai mencari kegiatan yang bisa memberi pengalaman dan manfaat untuk meniti karir di waktu mendatang.

"Hal-hal yang praktikal juga menjadi kunci dalam sukses baik dalam bekerja sendiri maupun jika akan memasuki dunia kerja," jelas dia.

Baca juga: Pakar UGM: Kemerdekaan Palestina di Tangan Amerika Serikat

Lanjut dia menyatakan, bahwa sejumlah pihak memprediksi Indonesia dapat menjadi kekuatan ekonomi yang besar dalam sepuluh hingga 30 tahun mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.