Kompas.com - 25/05/2021, 16:15 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi.

Untuk menciptakan lulusan vokasi yang kompeten, produktif dan kompetitif, Kemendikbud Ristek merancang program dan pendanaan untuk pendidikan vokasi.

Kampus Merdeka Vokasi mencakup anggaran yang disiapkan Kemendikbud Ristek total sebanyak Rp 270 miliar. Anggaran itu khusus untuk dua program Kampus Merdeka Vokasi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi Nadiem Makarim mengatakan, program utama Kampus Merdeka Vokasi akan digelontorkan dana sebesar Rp 270 miliar.

Dana itu terbagi manjadi dua program utama, yakni dana kompetitif Kampus Vokasi sebesar Rp 90 miliar dan dana padanan sebesar Rp 180 miliar.

Dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi Nadiem memaparkan kegunaan anggaran dalam dua program utama tersebut.

Baca juga: Nadiem Makarim: Lulusan Vokasi Langsung Kerja dan Peroleh Upah Layak

Dana kompetitif

Dana kompetitif kampus vokasi ini berfokus pada dua program. Kemendikbud Ristek akan memberikan anggaran sebesar Rp 90 miliar.

Nadiem menerangkan, dana kompetitif ini khusus bagi dua program, yakni:

1. Program SMK-D2 jalur cepat

Nadiem menjelaskan, program ini untuk memperbesar program-program D2 yang berkaitan dengan SMK.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.