Kompas.com - 24/05/2021, 18:47 WIB
Seorang guru di Bali bernama Sarjana yang rela naik ke atas pohon agar memperoleh akses internet. DOK. Putera Sampoerna FoundationSeorang guru di Bali bernama Sarjana yang rela naik ke atas pohon agar memperoleh akses internet.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh kebiasaan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dengan kebiasaan belajar mengajar.

Setiap orang sudah harus mulai belajar untuk bersahabat dengan teknologi dan cara belajar jarak jauh, belum lagi dengan tantangan keterbatasan akses internet.

Baca juga: Undip Optimis 10 Persen Total Dosen Bisa Jadi Guru Besar

Adalah Pak Sarjana, seorang guru Agama di SMAN 1 Kintamani, Bali, yang tidak kenal menyerah dengan keadaan dan selalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi siswanya.

Sarjana selalu berusaha untuk mempersiapkan media dan alat bantu ajar yang dipergunakan selama pembelajaran daring berlangsung.

Upaya untuk berinovasi sering menghadapi kendala, mulai dari mencari ide membuat media ajar yang interaktif hingga keterbatasan akses internet.

Sarjana merasa perlu untuk meningkatkan pengetahuannya, namun kebingungan melanda karena beliau tidak dapat menemukan pelatihan daring yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sempat mengisahkan kebingungan tersendiri karena Sarjana tidak mengetahui kemana ia bisa mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya menjadi guru yang lebih kreatif dan inovatif.

Ditengah kebingungannya, Sarjana mendapatkan undangan webinar yang diadakan oleh Guru Binar melalui sekolahnya.

Guru Binar yang saat itu baru saja diluncurkan oleh Putera Sampoerna Foundation menjadi sebuah harapan baru bagi Pak Sarjana.

Guru Binar merupakan platform pengembangan karir guru yang bertujuan untuk memberikan akses pelatihan dan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Undip Siap Kukuhkan 21 Guru Besar

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.