Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah Gratis Bidang IT Sambil Digaji? Ikuti Beasiswa Semesta

Kompas.com - 22/05/2021, 13:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113, Beasiswa Semesta resmi dibuka bagi siswa SMA/SMK sederajat.

Beasiswa Semesta ini diselenggarakan Komunitas Sevima (PT. Sentra Vidya Utama) dan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Beasiswa Semesta merupakan singkatan dari 'Sevima Mencari Siswa Bertalenta'.

Program dengan total hadiah Rp 300 juta ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul.

Baca juga: Riset UGM: Mahasiswa Perlu Skill Ini agar Dapat Pekerjaan Ideal

 

Kuliah di kampus favorit dan dapat gaji

Calon penerima beasiswa bisa berkesempatan kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1).

Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan diajak bekerja di bidang IT (Information Technology) dan memperoleh gaji bulanan.

"Saya mengapresiasi inisiatif Sevima yang peduli dan turut mendorong lahirnya talenta di bidang IT. Kedepan peran para talenta di bidang IT akan semakin penting dalam kehidupan kita dan kemajuan dunia," tegas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Prof Nizam, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: 10 Cara Jitu Redakan Stres Menurut Pakar IPB

Lahirkan talenta unggul di bidang IT

Menurut Prof. Nizam, melalui beasiswa Semesta ini bisa mendorong dan melahirkan talenta-talenta unggul di bidang IT.

"Saya mengapresiasi inisiatif Sevima yang peduli dan turut mendorong lahirnya talenta-talenta di bidang IT melalui program nyata dalam bentuk Beasiswa Semesta 2021. Semangat gotong royong semacam ini sangat penting untuk mengakselerasi kemajuan SDM di Indonesia," ungkap Prof. Nizam.

Baca juga: Daftar Lengkap Daya Tampung 39 Prodi IPB Jalur Mandiri 2021

Beasiswa Semesta bangun SDM Unggul

Direktur Utama Sevima Sugianto Halim berharap, beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun SDM unggul di Indonesia.

Sekaligus, sejalan dengan kolaborasi dunia usaha dan dunia industri yang terus diusung pemerintah dalam konsep Kampus Medeka.

"Beasiswa Semesta merupakan wujud peran aktif kami di bidang edukasi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa Indonesia mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas khususnya di bidang IT," terang Halim.

Di tahun ketiga diselenggarakannya Beasiswa Semesta, Sevima berusaha memperbanyak kuota penerima, meningkatkan kualitas dan menjalin kerjasama dengan berbagai sekolah, perguruan tinggi dan para pengambil kebijakan di pemerintahan.

"Harapannya melalui kerjasama dan penyelenggaraan kolaborasi ini, bisa memberikan manfaat positif bagi pembangunan pendidikan di Indonesia sesuai dengan visi Indonesia Maju," imbuhnya.

Baca juga: Begini Cara Mahasiswa UKDW Bantu Akses Belajar Anak Kurang Mampu

Cara pendaftaran 

Persyaratan mendaftar Beasiswa Semesta, antara lain:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com