Kompas.com - 22/05/2021, 13:10 WIB

KOMPAS.com – Guna memperkuat ekosistem pendidikan vokasi, Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) meluncurkan sembilan program beasiswa gelar dan non-gelar.

"Kita berharap dengan adanya Ditjen Vokasi yang umurnya satu tahun lebih sedikit ini memberikan ekosistem yang lebih baik bagi vokasi," ujar Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Ahmad Saufi dalam "Diskusi Media Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Indonesia Tahun 2021" di Jakarta (21/5/2021).

Saufi menambahkan, vokasi tidak dapat lepas dari dunia usaha dan dunia industri. "Jadi relevansi dengan dunia usaha dan dunia industri yang ingin kita jawab tantangan tersebut melalui skema beasiswa," tegasnya.

Saufi memandang, sebelum Ditjen Vokasi terbentuk dosen dan pengajar vokasi masih "terasa" akademis.

"Kita ingin menciptakan melalui skema beasiswa ini, input ke anak-anak kita agar outputnya benar-benar 'rasa' vokasi yang identik dengan praksis dan menjawab tantangan dunia usaha, dunia industri," tambah Saufi. 

Saufi berharap skema beasiswa ini dapat meningkatkan akses bagi insan vokasi yang tadinya terbatas serta meningkatkan kualitas kevokasiannya dan tentunya meningkatkan kuantitas tenaga pengajar serta relevansi lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja.

Baca juga: Kado Lebaran, Ditjen Vokasi Luncurkan 9 Beasiswa Gelar dan Non-gelar

9 skema beasiswa

Dalam kesempatan sama, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP), Beny Bandanadjaja menyampaikan output dari program beasiswa pendidikan vokasi ini secara tidak langsung bersifat melengkapi program Ditjen Vokasi yang menggunakan sumber dana APBN.

Program beasiswa vokasi ini, ucap Beny, diharapkan akan mencetak pendidik yang lebih berkualitas sehingga dapat mengisi program penguatan vokasi lainnya.

“Dengan adanya pembiayaan dari LPDP, kesempatan untuk mengembangkan program menjadi lebih banyak. Melalui beasiswa ini, program yang sudah ada diperkuat dengan tenaga pendidik yang lebih berkualifikasi,” ujar Beny.

Adapun Program Beasiswa Pendidikan Vokasi yang diluncurkan tersebut adalah

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.