Kompas.com - 22/05/2021, 08:55 WIB
Empat mahasiswa Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengembangkan website Edugen sebagai media pembelajaran siswa dari kalangan kurang mampu. Dok. Humas UKDWEmpat mahasiswa Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengembangkan website Edugen sebagai media pembelajaran siswa dari kalangan kurang mampu.
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, semua siswa mengikuti pembelajaran secara daring. Saat mengikuti belajar di rumah, para siswa bisa mendapatkan materi pelajaran melalui internet.

Saat ini juga banyak pembelajaran online yang bisa diikuti siswa di tiap jenjang sekolah.

Untuk memudahkan siswa dari kalangan kurang mampu mengakses pembelajaran online, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (SI FTI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta membuat suatu inovasi.

Inovasi yang dilakukan mahasiswa SI UKDW ini juga berhasil mendapatkan pendanaan lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021.

Baca juga: Semen Merah Putih Buka Lowongan Kerja bagi D3 Fresh Graduate

Kembangkan website sebagai media pembelajaran

Mereka terdiri dari Gabriela Brissa Pitaloka, Veronika Verasita Melani, Simfony Sophie, dan Yogi Evan Dwi Kristantyo.

Tim ini mendapatkan dana PKM dari jalur skema Pengabdian Masyarakat untuk Pembuatan Website Edukasi ‘Edugen’ sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Kurang Mampu Binaan Pusat Pengembangan Anak (PPA) Light Generation.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketua tim Gabriela Brissa Pitaloka menjelaskan, melalui website edukasi ini pelatihan dan pembinaan yang dilakukan oleh PPA Light Generation dapat berjalan optimal. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara daring.

"Kami melihat kegiatan pembelajaran menjadi kurang kondusif karena penggunaan media seadanya. Sehingga penyampaian materi kepada anak-anak menjadi tidak efektif," kata Gabriela Brissa Pitaloka dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Sediakan materi pembelajaran sesuai kelas

Oleh karena itu PPA Light Generation membutuhkan platform sebagai media pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah oleh anak.

Baca juga: ITS Lakukan Uji Coba Perkuliahan Hybrid, Ini Prosedurnya

Berangkat dari hal itu, para mahasiswa UKDW Yogyakarta memiliki gagasan untuk membuat platform pembelajaran berupa website edukasi bernama Edugen untuk mempermudah kegiatan pembelajaran di PPA Light Generation.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.