Kompas.com - 21/05/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi hotel. Pixabay/Ming DaiIlustrasi hotel.

KOMPAS.com - Jika kamu tertarik kuliah di jurusan perhotelan dan ingin bekerja di bidang yang berkaitan, ada begitu banyak jenis pekerjaan dan jalur karier yang dapat kamu tempuh di industri ini.

Perkembangan industri perhotelan diyakini akan terus meningkat. industri hotel juga menawarkan beragam jalur karier yang menarik dan prospektif. Tidak heran, hingga kini banyak generasi muda yang menempuh pendidikan di bidang perhotelan demi menjadi profesional di industri ini.

Apakah kamu salah satunya? Ketahui lebih jauh dan simak beberapa jenis pekerjaan yang dapat kamu tempuh usai lulus nanti, yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

1. Bidang Pelayanan Tamu

Bidang pelayanan menjadi bagian kerja yang wajib ada di setiap hotel. Pada dasarnya, para profesional di bidang ini bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung. Karena itu, bidang ini akan sangat cocok bagi kamu yang senang bertemu orang baru.

  • Resepsionis

Resepsionis atau yang biasa disebut Front Desk Clerks merupakan staf yang berperan sebagai garda terdepan dalam pelayanan tamu. Bidang pekerjaannya mencakup berbagai hal, mulai dari melayani pemesanan kamar hotel, memeriksa ketersediaan kamar, hingga mengumpulkan pembayaran.

  • Porter

Porter alias staf pengangkut barang merupakan salah satu dari banyaknya posisi staf pendukung di industri perhotelan. Jenis pekerjaan ini secara khusus bertugas untuk menangani kebutuhan bagasi tamu, seperti membawa koper ke kamar atau lobi serta mengantar tamu ke kamar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran D3, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

  • Concierge

Concierge atau pramutamu bertugas untuk memenuhi beragam kebutuhan tamu, seperti membuat reservasi untuk restoran, transportasi, hingga hiburan. Untuk menjadi seorang concierge, tentu dibutuhkan keterampilan customer service yang baik dan mampu menangani berbagai jenis tamu.

  • Waiter/Waitress

Jenis pekerjaan waiter/waitress alias pramusaji biasa ditemukan pada hotel yang memiliki restoran dan bar. Seorang pramusaji berinteraksi langsung dengan para tamu, mulai dari menerima pesanan, menyajikan hidangan, hingga menerima pembayaran.

2. Bidang Pembersihan dan Pemeliharaan

Kualitas pelayanan sebuah hotel tentu tidak dapat terlepas dari aspek kebersihan dan pemeliharaan fasilitas. Kedua aspek ini secara spesifik memiliki staf khusus, yaitu bidang housekeeping dan maintenance.

  • Housekeeper

Housekeeper merupakan jenis pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjaga standar kebersihan di keseluruhan hotel, mulai dari kamar, lobi, hingga layanan fasilitas lainnya. Untuk bekerja di bidang housekeeping, kamu perlu mengembangkan ketelatenan dan stamina fisik yang kuat.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X