Kompas.com - 21/05/2021, 12:43 WIB
Ilustrasi makan berlebihan shutterstockIlustrasi makan berlebihan
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menurut Pakar Gizi UGM Dwi Budiningsari, diperlukan penyesuaian dari pola makan selama menjalankan puasa ke pola makan rutin biasa.

Penyesuaian yang dilakukan misalnya membatasi konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung gula, garam, lemak, atau makanan dan minuman yang manis, asin, dan berminyak.

Baca juga: Viral Telur dalam Telur, Begini Kata Guru Besar IPB

"Kurangi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan atau minuman yang terlalu manis," ucap dia melansir laman UGM, Jumat (21/5/2021).

Saat melaksanakan puasa Ramadan selama 30 hari, terdapat perbedaan jenis, jumlah, dan waktu konsumsi makanan dan minuman dibandingkan hari biasa.

Untuk itu, kata dia, penyesuaian pola makan secara perlahan diperlukan mengingat terdapat perubahan pada proses metabolisme.

Dia mengaku, pola makan yang baik dalam keadaan normal sesudah tidak berpuasa sebaiknya tetap menjaga pola makan yang sehat dan sesuai pedoman gizi seimbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi dengan memperhatikan jumlah dan jenis bahan makanan, juga jadwal makan teratur yang tidak melewatkan waktu makan utama.

Dia menyebut, jenis bahan makanan perlu diperhatikan juga keanekaragamannya dan kelengkapan kandungan zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Zat gizi mikro seperti vitamin A, C, D, E, mineral besi, dan zink berperan dalam meningkatkan fungsi imun.

Baca juga: Pakar UGM: Kemerdekaan Palestina di Tangan Amerika Serikat

"Antioksidan juga penting karena dapat menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidan dapat diperoleh dari apel, jeruk, ubi jalar, asparagus, bawang merah, bawang putih, brokoli, pepaya, dan wortel," sebut dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X