Kompas.com - 19/05/2021, 19:00 WIB
Nuning Vita Hidayati meraih dua gelar doktor di Undip. DOK. UndipNuning Vita Hidayati meraih dua gelar doktor di Undip.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Nuning Vita Hidayati meraih dua gelar doktor dalam waktu yang bersamaan di kampus Universitas Diponegoro (Undip).

Bahkan, dosen dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) itu meraih nilai angka IPK 4,00 atau sempurna.

Baca juga: Mau Kurus? Ini Diet Sehat Turunkan Berat Badan ala Pakar Unair

Nuning merupakan salah satu wisudawan dengan predikat terpuji pada acara wisuda ke-162 Undip yang dilaksanakan dari 19-20 Mei 2021.

Sebelum meraih dua gelar doktor, Nuning merupakan salah satu mahasiswa program doktor Double Degree Indonesia-Prancis (DDIP) Undip.

Ketua Prodi Doktor Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK Undip, Frida Purwanti mengatakan, ada yang menarik saat disertasi yang dijalankan oleh Nuning. Karena, dia menjalankannya secara marathon.

"Pada pagi hari ujian disertasi di Undip, sore harinya Nuning menjalani ujian disertasi di sidang terbuka AMU," ucap dia melansir laman Undip, Rabu (19/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ujian disertasi itu, kata dia, dilakukan pada Kamis (17/12/2020). Promovendus dinyatakan lulus dengan IPK 4 atau sempurna, sehingga berhak menyandang predikat cumlaude.

"Pada hari yang sama, sore harinya promovendus mempertahankan disertasi berjudul "Micro-pollutants Monitoring for Sustainable Aquaculture in Indonesia (Metals and Organic Contaminants)," ungkap dia.

Karya ilmiah ini mengkaji secara tuntas berbagai jenis emerging contaminants yang menjadi fokus perhatian dalam kegiatan budidaya, yaitu:

  • Logam berat.
  • Persistent Organic Pollutants (Organochlorine Pesticides, OCPs dan Polychlorinated Biphenyls, PCBs).
  • Senyawa obat-obatan (antibiotik).

Baca juga: 10 Prodi Unesa dengan Keketatan Tertinggi Jalur SBMPTN 2021

Dia mengaku, ujian double degree memakai model persidangan Dewan Juri yang terdiri atas para promotor dan co-promotor, reviewer, penguji, dan perwakilan dari Program S3 UNDIP dan AMU.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.