Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2021, 13:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengaku ada 10 program studi (Prodi) dengan rasio keketatan tertinggi dalam ajang SBMPTN 2021.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Bambang Yulianto menjelaskan, 10 prodi dengan keketan terting itu tersebar di beberapa fakultas.

Baca juga: Unesa Buka 10 Jalur Mandiri

Pertama, ditempati prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.136 peserta yang memperebutkan 37 kuota masuk prodi tersebut. Rasio keketatannya yakni ada di angka 30,7.

Kedua, diduduki prodi S1 Gizi Fakultas Teknik (FT) dengan jumlah pendaftar sebanyak 971 peserta dan kuota yang tersedia ada 36 kursi dengan rasio keketatan sebanyak 27.0.

Ketiga, prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Jumlah pendaftar sebanyak 1.795 peserta yang memperebutkan sebanyak 36 kuota masuk. Rasio keketatan prodi tersebut 27,0.

Keempat, diisi oleh prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan total pendaftar sebanyak 1.872 orang, kuota yang tersedia yakni 92 kursi dan rasio keketatannya di angka 20,3.

"Kelima, yakni prodi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) yang memiliki sebanyak 707 pendaftar. Kuota yang tersedia ada 36 kursi. Sementara untuk rasio keketatan, yakni 19,6," ucap dia melansir laman Unesa, Rabu (19/5/2021).

Keenam, diduduki oleh prodi S1 Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) yang memiliki sebanyak 485 pendaftar yang bersaing mengisi 27 kuota yang disediakan Unesa dengan rasio 18,0.

Ketujuh, ada prodi S1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dengan jumlah pendaftar sebanyak 664 peserta yang memperebutkan sebanyak 38 kuota yang ada. Rasio keketatan prodi tersebut 17,5.

Baca juga: Unpad Buka Jalur Mandiri, Berikut Cara Daftar hingga Syaratnya

Kedelapan, diisi oleh prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dengan pendaftar sebanyak 774 orang. Kuota yang tersedia yakni 45 kursi dengan keketatan ada di rasio 17,2.

Kesembilan, yakni prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang memiliki sebanyak 935 pendaftar. Kuota yang tersedia ada 55 kursi dengan rasio keketatan sebanyak 17,0.

Kesepuluh, dipungkasi oleh prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang diminati sebanyak 647 pendaftar. Kuota tersedia 40 orang dan rasio keketatan ada di angka 17,0.

Semakin tinggi rasio keketatan, tambah Bambang, semakin tinggi pula persaingan di prodi tersebut.

Oleh karena itu, bagi peserta yang mendaftar di prodi-prodi favorit Unesa tersebut harus benar-benar mempersiapkan diri.

"Segala syarat-syarat harus dipenuhi baik syarat fisik maupun mental. Prodi yang dipilih harus benar-benar menjadi jalan pengembangan diri untuk ke depannya," jelas dia.

Prodi dengan keketatan tertinggi tersebut bisa menjadi rujukan bagi peserta yang hendak mendaftar di jalur mandiri atau SPMB Unesa.

Jika tujuannya di Unesa di salah satu prodi dengan keketatan tertinggi, tentu persipannya harus benar-benar matang dan tidak main-main, karena tentu pesaingnya lebih banyak dan hanya yang terbaik yang akan diterima.

Baca juga: Seleksi Mandiri UNJ 2021, Berikut Biaya, Syarat dan Cara Daftar

"Begitupun dengan prodi-prodi lainnya tentu peserta harus mempersiapkan diri sematang mungkin, syarat-syarat pun harus dipenuhi dengan baik-baiknya. Semakin baik persiapan peserta, hasilnya pun tentu tidak akan mengecewakan," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com