Kompas.com - 19/05/2021, 13:33 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat sedang memberikan keterangannya kepada pers di Jakarta. Dok. Humas Kementerian Ketenagakerjaan.Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat sedang memberikan keterangannya kepada pers di Jakarta.
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, hampir 20 juta jiwa penduduk Indonesia usia produktif terdampak. Bahkan ada 1,62 juta orang yang menganggur.

Demikian diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah saat menjadi narasumber Kuliah Umum Magister Manajemen FEB Universitas Indonesia (UI) beberapa hari lalu.

Menaker juga menyatakan bahwa pada 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi.

Baca juga: Ternyata Segini Biaya Kuliah UI 2021 Jalur Mandiri

Yakni jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 205 juta dan 2 jutaan usia produktif masuk ke pasar kerja setiap tahun.

"Keberhasilan memanfaatkan bonus demografi akan tercermin pada peningkatan standar hidup penduduk, yang faktor penentunya adalah produktivitas," ujar Ida Fauziyah seperti dikutip dari laman UI, Selasa (18/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, bonus demografi sedang memberikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui peningkatan produktivitas pekerjanya.

Produktivitas tercermin dari sikap mental dan etos kerja yang selalu berusaha melakukan perbaikan mutu kehidupan, melalui peningkatan efisiensi, efektivitas, dan kualitas untuk menciptakan nilai tambah secara berkelanjutan.

9 kebijakan lompatan besar

Untuk menghadapi bonus demografi itu, Kemenaker menerapkan 9 kebijakan lompatan besar untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dalam menghadapi bonus demografi, yakni:

1. Reformasi birokrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X