Kompas.com - 18/05/2021, 17:01 WIB
Ilustrasi hukum Shutterstock.comIlustrasi hukum
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember menjalin kerjasama dengan Pengadilan Negeri Jember menyediakan bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu.

Menurut Rektor Universitas Jember Iwan Taruna, pos bantuan hukum ini merupakan implementasi dari Tridharma Universitas Jember dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Psikolog Unpad: Perilaku Marah Dilatarbelakangi 2 Hal

"Pos bantuan hukum ini didirikan semata-mata bagian dari ikhtiar kita semua untuk membawa manfaat bagi sesama dibidang pendampingan hukum oleh FH UNEJ kepada masyarakat," ucap dia melansir laman Universitas Jember, Selasa (18/5/2021).

Pada kesempatan yang sama, Dekan FH Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono menjelaskan, layanan bantuan hukum gratis ini, berupa pemberian informasi hukum, konsultasi hukum, pemberian advice hukum, dan pembuatan permohonan dan gugatan.

Pemberian bantuan hukum ini, bilang dia, dilakukan secara komprehensif melibatkan dosen, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH UNEJ dan
Mahasiswa.

"Dengan adanya Posbakum ini maka harapannya pola pengabdian dari FH UNEJ lebih komprehensif, sistematis dan berkelanjutan," sebut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berharap, keberadaan pos bantuan hukum ini dapat memberikan layanan bantuan hukum yang menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang membutuhkan pendampingan.

Bayu menginginkan, pos bantuan hukum ini dapat memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat.

Baca juga: TKA China Berdatangan, Dosen UGM: Pemerintah Harus Peka Buruh Lokal

"Aspek kenyamanan yang kami utamakan. Oleh karena itu kantor pos bantuan hukum ini didesain modern sebagai bentuk keseriusan kami dalam memberikan kenyaman," tegas dia.

Pemberian bantuan hukum ini, lanjut dia, juga menjadi bukti bahwa Fakultas Hukum Universitas Jember hadir memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X