Kompas.com - 18/05/2021, 12:34 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui akun Instagram resminya membagikan informasi unik terkait rasi bintang yang bisa menunjukkan arah. Tangkap layar instagram kemdikbud.riKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui akun Instagram resminya membagikan informasi unik terkait rasi bintang yang bisa menunjukkan arah.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebelum teknologi secanggih sekarang, para penjelajah mengandalkan kondisi alam untuk menentukan arah atau navigasi.

Salah satunya dengan mengandalkan keberadaan rasi bintang. Selain untuk menunjukkan arah, pada zaman dahulu, banyak orang menggunakan rasi bintang untuk keperluan pertanian, keagamaan, dan mitologi.

Dilansir dari Wikipedia, suatu rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus.

Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang diamati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam.

Baca juga: Mau Kuliah di Fakultas Kedokteran Oxford? Simak Info Beasiswa Ini

Apa itu rasi bintang?

Akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menjelaskan informasi sains terkait rasi bintang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rasi bintang atau konstelasi merupakan sekelompok bintang yang terlihat di langit malam dan tampak saling terhubung, serta membentuk formasi tertentu.

Rasi bintang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah sebab bintang bergerak secara teratur dan dapat diprediksi. Bintang-bintang yang paling terang itu menjadi patokan dan dihubungkan ke bintang sekitarnya," begitu tulis admin Kemendikbud dalam postingannya, Senin (17/5/2021).

Baca juga: UII Siapkan 6 Beasiswa bagi Hafiz Al Quran hingga Atlet, Buruan Daftar

Bisa tunjukkan arah

Mau tahu, rasi bintang apa saja sih yang bisa menunjukkan arah? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Ursa Mayor atau Biduk

Rasa bintang yang satu ini berarti beruang besar dan dijadikan patokan untuk menunjukkan arah utara bagi para pelaut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X