Kompas.com - 18/05/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Perancis melalui Institut Perancis di Indonesia (IFI) Kedutaan Besar Perancis di Indonesia membuka program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa Indonesia yang akan memasuki jenjang pertama (D3 maupun S1) perguruan tinggi di Perancis dan terbuka untuk semua jurusan.

Melansir laman Campus France, sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik, Perancis memberikan banyak kemudahan bagi para pelajar.

Sebagai contoh, berkeliling dari satu kota ke kota lain di Perancis terbilang tidak mahal bagi pelajar. Sebab, di kota-kota besar, transportasi umum massal menawarkan tarif diskon bagi pelajar. Tiket kereta juga sangat ekonomis berkat carte jeune SNCF bagi yang berusia 18-27 tahun.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Jika pelajar ingin membeli makanan murah, terdapat 450 restoran universitas di Perancis. Dengan 3,25 euro atau sekitar Rp 55.000, pelajar bisa mendapatkan menu komplet dan makanan penutup. Tentunya, harus dengan menunjukkan kartu mahasiswa yang berlaku.

Setiap universitas memiliki layanan kesehatan. Semua pelajar dapat mengunjungi dokter di layanan kesehatan tersebut, melakukan pemeriksaan atau mendapatkan saran. Beberapa konsultasi bahkan gratis, terutama untuk skrining, vaksinasi, nutrisi, atau konseling psikologis.

Bila tertarik untuk berkuliah D3 maupun S1 di Perancis, berikut informasi beasiswa IFI 2021:

Cakupan

1. Biaya pembuatan visa pelajar ke Perancis.

2. Biaya tiket pesawat pergi-pulang kelas ekonomi.

3. Biaya asuransi kesehatan dasar pemerintah.

4. Biaya kuliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.