Kompas.com - 16/05/2021, 18:32 WIB
|

KOMPAS.com - Banyak sekali pengalaman suka duka selama mengikuti pembelajaran daring karena adanya pandemi Covid-19. Keluh kesah siswa ini juga didengarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Melalui surat yang dikirim guru SDN Growong, Magelang Ifan Mustika, Ganjar Pranowo membaca tulisan tangan para siswa yang menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti pembelajaran daring.

Merangkum dari kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek, Ganjar mengatakan, ia mendapat surat dari Ifan tentang kondisi pembelajaran daring yang dialaminya dan rekan-rekan guru di SDN Growong.

Baca juga: 5 Jalur Mandiri PTN dengan Biaya Pendaftaran Termurah

Bacakan curhatan siswa selama belajar daring

Ganjar menyampaikan, Ifan merupakan seorang guru yang sudah 10 tahun mengajar di SDN Growong Magelang. Setiap hari, hamparan sawah dan naik turun pegunungan menjadi rute wajib dilalui terlebih di masa pandemi.

"Bersama rekan guru lainnya, mas Ifan memberi pelajaran dari pintu ke pintu rumah muridnya. Karena sebagian besar muridnya tidak punya handphone," beber Ganjar seperti dikutip dari kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar, Minggu (16/5/2021).

Menurut Ganjar, kondisi yang dihadapi Ifan di SDN Growong ini lumayan berat. Ifan juga mengatakan bahwa sesekali merasa capek, apalagi dengan melakukan door to door yang pastinya membutuhkan tenaga lebih.

Baca juga: Telkomsel Berikan Beasiswa dengan Ikatan Dinas, Yuk Simak Syaratnya

SDN Growong berada di lokasi terpencil

SDN Growong sendiri berada di lokasi terpencil. Berjarak satu jam perjalanan dari pusat kota Magelang.

Surat dari Ifan juga berisikan surat tulisan tangan dari siswa-siswi. Kurang lebih ada 17 surat dari siswa-siswi SDN Growong yang menceritakan pengalaman sekolah daring.

"Ada yang sedang sedih karena banyak tugas, susah sinyal. Ada juga yang merasa kurang paham karena pembelajaran daring itu," beber Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga membacakan salah satu surat dari siswa SDN 1 Growong yang bernama Qotrun Nada. Begini suratnya yang dibacakan Ganjar Pranowo.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.