Kompas.com - 15/05/2021, 10:53 WIB
Ilustrasi jamu Ilustrasi jamu
|

KOMPAS.com - Sejak zaman dahulu, masyarakat di Indonesia sudah mengenal minuman jamu. Bakan pada zaman Kerajaan Majapahit, jamu jadi minuman kebesaran raja dan keluarga.

Ada banyak filosofi yang terkandung dari masing-masing jenis jamu. Seperti beras kencur melambangkan kehidupan masa remaja.

Di masa ini manusia mulai memiliki sikap egoistis. Pada masa remaja pula, seseorang baru sedikit mencicipi kehidupan yang sebenarnya. Hal ini dilambangkan dengan rasa sedikit pedas.

Baca juga: Siswa, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Bahan Ini

Bagi siswa sekolah yang ingin belajar tentang jamu, maka berikut ini jenis-jenis jamu gedong. Info dirangkum dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek.

Jamu gendong terdiri atas beragam jenis. Masing-masing dibuat menggunakan bahan-bahan tertentu, memiliki cita rasa yang khas, dan mempunyai manfaat khusus.

Di antara beragam jamu gendong, delapan diantaranya adalah jenis yang kehadirannya seolah menjadi keharusan. Setiap penjual jamu gendong pasti menjualnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedelapan jenis jamu gendong tersebut adalah:

1. kunyit asam

2. beras kencur

3. cabe puyang

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X