Kompas.com - 15/05/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi radikalisme ShutterstockIlustrasi radikalisme
|

KOMPAS.com - Untuk mencegah menyusupnya paham radikalisme di seluruh kalangan, butuh sinergitas semua pihak.

Dalam hal ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) punya formula khusus untuk mengantisipasi munculnya paham radikalisme di sekolah, di dalam kampus maupun di berbagai lingkungan lainnya.

Rektor Unesa Prof. Nurhasan mengatakan, paham-paham pemicu tindakan teror harus ditangkal dan diantisipasi kemunculannya sedini mungkin. Salah satunya dengan optimalisasi penanaman nilai-nilai Pancasila kepada para generasi bangsa.

Menurutnya, di Unesa, nilai Pancasila menjadi semangat dalam rancangan kurikulum. Nilai Pancasila disisipkan ke dalam mata kuliah dan termanifestasi dalam setiap penyelenggaraan pembelajaran di tiap kelas.

Baca juga: Direktorat SMK Siapkan Rp 15 Miliar untuk Program UKS, Cek Syaratnya

Rintis desa Pancasila

Selain itu, Unesa juga merancang program Pengabdian Kepada Masyarakat khusus untuk merintis Desa Pancasila di beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rektor menerangkan, rintisan desa Pancasila ini nantinya menjadi pusat-pusat penting pembinaan ideologi dan sebagai wadah pembumian Pancasila langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Program kita tentu bukan hanya sekadar diskusi atau doktrinasi, tetapi benar-benar membawa Pancasila ke ranah inovasi, prestasi, dan kolaborasi di tengah masyarakat," ujar Rektor Unesa seperti dikutip dari laman resmi Unesa, Jumat (14/5/2021).

Desa Pancasila itu, lanjut Rektor, juga akan terus diupayakan untuk menjadi desa percontohan dalam hal penanaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila.

"Merintis Desa Pancasila ya memang menantang, tetapi akan gampang jika kita punya tekad dan bekerja sama untuk itu," imbuhnya.

Baca juga: Rayakan Lebaran Aman dari Covid-19 ala Epidemiolog Unair

Dirikan Pusat Pembinaan Ideologi (PPI)

Untuk mengeliminir paham radikalisme, Unesa juga mendirikan Pusat Pembinaan Ideologi yang berfungsi sebagai wadah untuk membangun ideologi kebangsaan berbasis nilai Pancasila.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X