Kompas.com - 14/05/2021, 15:33 WIB
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil saat menggelar Siaran Keliling (Sarling) di SMA Negeri 1 Bekasi, Kota Bekasi, Rabu (14/8/2019).
Dok. Humas Pemerintah Provinsi Jawa BaratKetua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil saat menggelar Siaran Keliling (Sarling) di SMA Negeri 1 Bekasi, Kota Bekasi, Rabu (14/8/2019).
|

KOMPAS.com - Sebanyak 252 Bunda PAUD bakal menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan bagi 29 Bunda PAUD tingkat Provinsi dan 223 Bunda PAUD tingkat Kabupaten dan Kota.

Nantinya, setiap Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi menerima bantuan sebesar Rp 75 juta, sedangkan untuk Pokja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota menerima bantuan sebesar Rp 50 juta.

Jangka waktu pelaksanaan bantuan 150 hari kalender terhitung sejak 1 minggu setelah dana masuk ke rekening penerima bantuan.

Baca juga: Sering Emosi Hadapi Anak? Ini Cara Atasinya

Sebelumnya, Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyaluran Bantuan Peningkatan Peran Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten dan Kota Tahun 2021, Minggu sampai Selasa (9-11/5/2021) secara virtual.

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, Koordinator Fungsi Tata Kelola Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek, Muhammad Ngasmawi mengatakan tujuan Bantuan Stimulan Bunda PAUD untuk tingkat Provinsi.

Yakni untuk mendorong peran Bunda PAUD Tingkat Provinsi mewujudkan penyamaan persepsi dan peningkat akses terkait layanan PAUD berkualitas melalui:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pertama Koordinasi dengan Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif (PAUD HI), OPD, UPT Kemendikbud Ristek, Organisasi Mitra (Ormit), Forum PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat provinsi.

2. Kedua, membuat rapat Internal pengurus Pokja Bunda PAUD tingkat provinsi.

3. Ketiga, melakukan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan akses dan penguatan pendampingan untuk satuan PAUD.

4. Keempat, monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari program kerja Pokja Bunda PAUD provinsi dalam bentuk jumlah satuan PAUD yang berhasil didampingi di seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi tersebut.

Baca juga: 10 Cara agar Anak Lupa Gadget

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X