Kompas.com - 14/05/2021, 12:20 WIB
Ilustrasi lebaran saat pandemi DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi lebaran saat pandemi
|

KOMPAS.com - Meski pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik, namun masih ada masyarakat yang pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Meski berkumpul bersama keluarga, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) karena saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

Dengan disiplin menerapkan prokes, kamu tetap bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan tetap terhindar dari kemungkinan terpapar Covid-19.

Pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Laura Navika Yamani mengungkapkan ada 6 tips yang bisa dilakukan masyarakat agar bisa merayakan Lebaran dengan rasa aman di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Siswa Kelas 10 dan 11, Buruan Daftar Beasiswa Tunas Indonesia Jepang

1. Cukup merayakan takbiran di masjid

Laura mengatakan, saat malam takbiran sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri, lebih baik masyarakat tidak melakukan takbiran dengan berkeliling dan berkerumun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebaiknya, takbiran tidak perlu dilakukan dengan mengumpulkan anak-anak untuk berkeliling dan menyebabkan kerumunan," kata Laura seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (14/5/2021).

2. Terapkan protokol kesehatan saat shalat Idul Fitri

Laura menjelaskan, tips yang dapat dilakukan saat shalat id adalah memberi jarak dan tetap menggunakan masker.

Sebaiknya dari pihak masjid menyediakan fasilitas thermo gun untuk pengukuran suhu tubuh bagi masyarakat yang hendak melakukan shalat.

"Pilih masjid yang jaraknya dekat dari rumah, jangan sampai memilih masjid yang berada di kecamatan lain dari tempat tinggal karena bisa jadi masyarakat tidak mengetahui situasi pada kecamatan lain tersebut," imbuhnya.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak

3. Melakukan silaturahmi dalam waktu singkat

Laura memberikan tips agar masyarakat merasa aman ketika melakukan silaturahmi yaitu dengan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X