Kompas.com - 14/05/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes SHUTTERSTOCK/Proxima StudioIlustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes
|

KOMPAS.com - Setiap manusia, di tubuhnya mengandung gula dalam darah. Ini juga biasa disebut sebagai glukosa.

Tentu gula dalam darah berfungsi untuk memberi energi pada sel dan organ tubuh. Tetapi, jika berlebih itu bisa menimbulkan penyakit.

Diabetes tidak hanya menyebabkan kematian prematur di seluruh dunia, tetapi juga jadi penyebab utama kebutaan, penyakit jantung dan gagal ginjal.

Diabetes merupakan penyakit menahun (kronis) berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal.

Baca juga: Cara Turunkan Berat Badan, Siswa Bisa Coba dengan Rempah Ini

Sebagai negara dengan kekayaan rempah dan herba, saat ini Indonesia memiliki formula minuman yang dapat membantu penderita diabetes untuk turunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Guru Besar IPB University dari Fakultas Teknologi Pertanian Prof. C. Hanny Wijaya telah menghasilkan inovasi berupa "Glucodiab Drink". Inovasi ini berfungsi membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu diungkapkan Prof. Hanny yang dikupas dalam "TheStory of Glucodiab Drink" yang diselenggarakan Unihealth a Soho Global Health Company, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan IPB University.

"Saya betul-betul terharu, banyak apresiasi yang datang. Semoga jamu Indonesia bisa mengejar Traditional Chinese Medicine (TCM) dan Ayuverda, sebagai obat tradisional," ujar Hanny, dilansir dari laman resmi IPB, Kamis (17/12/2020).

Dengan bahan tanaman kumis kucing

Dijelaskan, Glucodiab Drink merupakan formula minuman fungsional berbasis rempah-rempah dan herba untuk mengatasi kencing manis. Komposisi terbesarnya berasal dari tanaman kumis kucing.

Berdasarkan riset, minuman ini memiliki antioksidan tinggi yang mencapai 600-700 ppm, dengan aktivitas antihiperglikemik sebesar 65,83 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X