Kompas.com - 12/05/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berencana menjadikan Startup Digital sebagai mata kuliah wajib mahasiswa di 2022.

Langkah itu sebagai membentuk Gerakan 1.000 Startup Nasional di bawah naungan (Kemenkominfo) dan juga mendorong penyebaran startup yang lebih masif dan berkualitas.

Baca juga: ITB Coba Kuliah Tatap Muka di Semester Baru

Untuk menindaklanjuti langkah itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek berencana berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo).

Sesditjen Dikti Kemendikbud Ristek, Paristiyanti Nurwandani mengatakan, program ini akan dipersiapkan mulai tahun ini untuk memberikan pelatihan startup kepada dosen yang nantinya akan mengampu mata kuliah Startup Digital.

Dia mengaku, tujuannya agar bisa mencapai target 100 ribu mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan startup di 2022.

"Nantinya, tim yang lolos seleksi pengembangan startup akan mendapatkan bimbingan yang lebih intensif agar bertahan jangka panjang serta bisa masuk ke platform Kedaireka atau inkubator bisnis kampus," ucap dia melansir laman Ditjen Dikti, Rabu (12/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyatakan, program 1.000 Startup Digital akan dikemas dalam beberapa tahapan.

Nantinya, kata dia, akan berguna untuk memberikan wadah bagi setiap pegiat startup untuk bisa belajar sesuai dengan kebutuhan pengetahuan, dari tingkat dasar hingga siap untuk dites pasar.

Baca juga: 3 Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Pengolah Limbah Batik

Lanjut dia menyebut, setidaknya ada enam tahapan untuk para startup founder, yakni:

1. Ignition: seminar daring yang memberikan pemahaman dari para pelaku dan regulator industri startup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X