Manfaatkan Cangkang Telur, Peneliti IPB Temukan Suplemen Cegah Osteoporosis

Kompas.com - 12/05/2021, 09:22 WIB
Cangkang telur untuk pupuk alami Unsplash/Caroline AttwoodCangkang telur untuk pupuk alami

KOMPAS.com - Peneliti sekaligus Dosen IPB University dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Yessie Widya Sari membuat suplemen yang berkhasiat mencegah penuaan dini dan osteoporpsis menggunakan bahan utama cangkang telur ayam.

Suplemen bernama Calgen tersebut dikatakan mengandung nanohidroksiapatit, yaitu senyawa analog sebagai mineral penyusun tulang dan gigi.

Kombinasi antara nanohidroksiapatit dan kolagen, terang Widya, membuat Calgen menjadi suplemen yang dapat membantu mempercepat pembentukan tulang dan gigi dalam tubuh.

"Calgen mengandung kalsium dan kolagen sehingga efektivitas suplemennya lebih tinggi dibandingkan suplemen yang mengandung kalsium saja," paparnya seperti dilansir dari laman Instagram IPB University.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Calgen juga dapat dikonsumsi semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan, bahkan aman dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dibuat dari bahan alami.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inovasi Calgen berhasil mendapatkan pendanaan program insentif Startup Inovasi Indonesia (SII) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Badan Riset dan Inovasi (BRIN) untuk tahun Anggaran 2021.

Peneliti IPB Temukan Suplemen Cegah OsteoporosisDok. IPB University Peneliti IPB Temukan Suplemen Cegah Osteoporosis

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Sejumlah manfaat yang dihasilkan Calgen antara lain:

1. Mencegah osteoporosis.

2. Meningkatkan densitas tulang dan gigi.

3. Meredakan nyeri sendi.

4. Meredakan nyeri gigi.

5. Mencegah penuaan diri.

6. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

7. Membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam darah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X