Kompas.com - 11/05/2021, 15:40 WIB
Robot kreasi Tim Universitas Diponegoro (Undip) terhitung mulai Senin (10/5/2021) resmi mulai melakukan tugas pelayanan di Pemerintah Kota Semarang. Tangkap layar laman UndipRobot kreasi Tim Universitas Diponegoro (Undip) terhitung mulai Senin (10/5/2021) resmi mulai melakukan tugas pelayanan di Pemerintah Kota Semarang.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di negara-negara maju, keberadaan robot sudah sering ditemukan di tempat layanan publik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang pun ingin memberikan layanan berbeda bagi warganya. Sejak Senin (10/5/2021) kemarin, robot kreasi Tim Universitas Diponegoro (Undip) resmi mulai melakukan tugas pelayanan di Pemkot Semarang.

Dua unit robot masing-masing akan berfungsi sebagai Robot Pelayanan Publik dan Robot Layanan Kesehatan serta Penjernih Udara Teknologi Plasma (Zeta Green).

Kedua robot ini diserahkan langsung Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Baca juga: Wismilak Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Fresh Graduate

Robot bantu wujudkan pelayanan lebih baik

Yos Johan mengatakan, prototype tersebut merupakan hasil pengembangan robot yang dilakukan oleh Undip seperti Robot Wisuda.

Dari hasil pengembangannya, robot yang merupakan generasi ketiga ini memiliki kualifikasi yang lebih baik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rektor, hibah robot untuk Pemerintah Kota Semarang ini karena kampus Undip berada di Kota Semarang.

Bahkan Undip tidak akan pernah meninggalkan Kota Semarang, sehingga wajib untuk mendukung Pemkot Semarang mewujudkan pelayanan yang lebih baik.

“Ini (bentuk) komitmen kami untuk membantu Pemerintah Kota Semarang lebih hebat lagi. Perkembangan Kota Semarang sudah menunjukkan hasil positif," kata Yos Johan seperti dikutip dari laman Undip, Selasa (11/5/2021). 

Baca juga: Unesa Berikan Beasiswa TK-S3 bagi Anak-anak Patriot KRI Nanggala 402

Undip siap bantu majukan Kota Semarang

Yos Johan menuturkan, untuk mencapai kemajuan, dukungan bisa datang dari mana saja. Bentuknya juga bisa beragam. Ada dukungan sosial, dukungan pemikiran untuk kebijakan, dan dukungan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X