Kompas.com - 11/05/2021, 10:24 WIB
Logo ITS ITSLogo ITS

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali sosialisasikan jalur masuk program sarjana (S1) dan sarjana terapan (vokasi) melalui jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP).

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah mengatakan bahwa saat ini ITS menyediakan 79 program studi (prodi) dalam berbagai jenjang dengan penambahan dua prodi baru.

Yaitu Teknik Lepas Pantai dan Teknik Pangan. Terdapat 16 prodi program doktoral, 21 prodi program magister, 34 prodi program sarjana, serta delapan prodi program vokasi dengan 39 departemen yang terbagi dalam tujuh fakultas yang siap menerima calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

Jalur SKMP ini, merupakan jalur terakhir setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Unpad, Unair, ITS

Untuk tahun ini, lanjutnya, jalur yang sebelumnya hanya SKM diperbarui dengan penambahan jalur prestasi menjadi SKMP untuk calon mahasiswa baru. Jalur prestasi ini berguna untuk menjaring para siswa yang mempunyai prestasi akademik dan nonakademik, baik tingkat internasional, nasional, dan provinsi.

Alur terakhir, yakni SKMP ditujukan untuk memberi kesempatan pada para siswa yang masih memiliki nilai UTBK rendah atau gagal masuk ITS lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka masih bisa masuk ITS melalui program SKMP ini dengan cara mengikuti ujian tulis Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilakukan secara daring atau tetap menggunakan nilai UTBK yang sudah didapat.

“Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa dari lulusan SMA, SMK, maupun MA dengan mengikuti seleksi UTBK atau TKA ITS, menyertakan nilai rapor, dan deskripsi diri serta portofolio untuk prodi tertentu,” jelasnya dilansir dari laman its.ac.id.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Sementara, prestasi yang didaftarkan bisa berupa olahraga, olimpiade sains, karya tulis ilmiah, seni, organisasi (ketua OSIS), dan hafidz dengan melampirkan sertifikat yang mendukung prestasi tersebut. Prestasi yang diperoleh minimal harus didapatkan semasa masih di jenjang pendidikan SMA atau sederajatnya.

Lebih lanjut, untuk jalur prestasi ini, ITS siap mewadahi siswa berprestasi yang akan diakomodasi dengan keistimewaan khusus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X