Kompas.com - 11/05/2021, 10:21 WIB
ilustrasi aplikasi TikTok GSM Arenailustrasi aplikasi TikTok

KOMPAS.com - Mendukung kegiatan belajar mengajar, TikTok Indonesia menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Peluncuran buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia, Muhammad Ramli Rahim mengatakan kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar baik di rumah atau di sekolah.

Guru dan orangtua atau wali yang menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan pun, menurut dia, perlu selalu beradaptasi dan berinovasi share peserta didik tetap semangat menimba ilmu.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

"Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh tenaga pengajar dan orangtua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," imbuhnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tips untuk membuat konten di TikTok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur TikTok yang dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan oleh salah satu kreator TikTok.

Termasuk tips bagaimana memaksimalkan akun TikTok beserta ragam konten edukasi yang ada di TikTok.

Untuk menghadirkan buku panduan ini, TikTok Indonesia kembali berkolaborasi dengan IGI dan JSDI, setelah sebelumnya bersama-sama menyelenggarakan webinar pelatihan kepada lebih dari 2000 guru di 10 wilayah di Indonesia, dari Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, hingga Papua, mengenai konten edukasi di TikTok.

Baca juga: Ini Dia, Sosok Dosen TikTok yang Menang di Ajang TikTok Awards 2020

Antusiasme dan semangat para peserta guru ini diharapkan dapat menyebar ke tenaga pengajar lainnya dengan kesempatan untuk mengakses informasi tentang konten edukasi yang ada di Buku Panduan #SamaSamaBelajar.

Head of Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra mengatakan hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di TikTok.

"Program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional tahun lalu memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar di mana saja dan kapan saja melalui video singkat," kata Angga.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar ini dapat diakses secara gratis di halaman website Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X