Kompas.com - 10/05/2021, 10:53 WIB
Ilustrasi Kuliah Dok. JobplanetIlustrasi Kuliah
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Bagi siswa yang belum berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), jangan menyerah terlebih dahulu.

Masih ada kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui  jalur Seleksi Mandiri.

Salah satu PTN di Sumatera, Universitas Andalas (Unand) menerima mahasiswa baru melalui jalur Mandiri tahun 2021.

Melalui jalur ini, Unand memberikan kuota sebanyak 1.938 kursi. Pendaftaran Seleksi Mandiri Unand akan dibuka pada Juni mendatang.

Baca juga: UIN Sunan Ampel Buka Seleksi Mandiri, Ini Syarat dan Jadwalnya

Kuota seleksi mandiri sebesar 30 persen

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengatakan, jumlah ini telah memenuhi kuota yang diberikan kepada mahasiswa baru lewat jalur Mandiri sebanyak 30 persen dari total penerimaan tahun ini.

"Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus melalui jalur SBMPTN, Universitas Andalas masih memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti seleksi masuk jalur Mandiri," kata Prof. Mansyurdin seperti dikutip dari laman unand.ac.id, Minggu (9/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Prof. Mansyurdin, untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN sudah selesai pada Minggu (2/5/2021) dan berjalan dengan lancar dan tertib.

"Selanjutnya akan dibuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri," imbuhnya.

Baca juga: 5 Jalur Mandiri PTN dengan Biaya Pendaftaran Termurah

5 jalur seleksi mandiri

Staf Ahli Rektor Bagian Akademik Syofyan menambahkan, untuk seleksi Mandiri Universitas Andalas terdiri dari lima varian, antara lan:

1. Seleksi Mandiri Berdasarkan Kemampuan Akademik (SMBKA)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X