Kompas.com - 07/05/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi pernikahan outdoor DragonImagesIlustrasi pernikahan outdoor

KOMPAS.com - Cek pranikah bagi pasangan yang akan menikah itu penting. Jangan takut mengajak pasangan untuk mengecek kesehatan berdua.

Karena, dengan memeriksa kesehatan pasangan yang akan menikah tentu membantu kamu mengetahui kondisi pasangan seutuhnya.

Misalnya, mengetahui adanya penyakit menular yang bisa menyakiti satu sama lain. Hal ini penting untuk mengetahui penyakit yang terjadi pada pasangan dan dapat mencegah agar hal tersebut menjadi semakin parah.

Cara ini juga digunakan untuk mencegah penyakit yang terdeteksi menyebar pada pasangan atau pun pada anak nanti.

Baca juga: Pakar Unair: Bukan Hanya Ibu, Mengasuh Anak Juga Tugas Seorang Ayah

Selain itu, kesehatan pada anak di masa mendatang juga bisa dijaga dengan melakukan cek pranikah. Dikarenakan calon orangtua harus dalam keadaan sehat, sehingga peluang untuk memiliki keturunan lebih tinggi.

Cek pra nikah atau Skrining pra nikah memiliki banyak manfaat, terutama untuk untuk mendapatkan keturunan yang baik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut dikatakan Dosen Departemen Keperawatan Maternitas Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Ida Maryati.

Ida menjelaskan, dengan skrining pranikah, beberapa hal yang harus dihindari atau diperbaiki oleh pasangan dapat segera dilakukan.

Sayangnya, calon pasangan suami istri (pasutri) kerap takut melakukan skrining. Pasalnya, ada kekhawatiran pernikahan tidak jadi dilakukan jika diketahui ada masalah berdasarkan hasil skrining.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

“Justru dengan kita skrining pranikah kita memiliki keputusan, apakah bisa dimodifikasi, atau ditawarkan solusinya seperti apa,” kata Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni FKep Unpad ini dilansir dari laman unpad.ac.id.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X