Kompas.com - 04/05/2021, 15:36 WIB
Ilustrasi bayi KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi bayi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dua dosen Universitas Airlangga (Unair) mengembangkan aplikasi penghitungan gerak janin bernama Fetal Diary on Movement and Activity Counting (TIMANG App).

Mereka adalah dosen Fakultas Kedokteran Gigi Unair Taufan Bramantoro dan dosen Fakultas Kedokteran Unair Manggala Pasca Wardhana.

Baca juga: Beri ASI Eksklusif, Pakar Unair: Bayi Tumbuh Optimal

Diluncurkan pada Januari 2021 lalu, aplikasi ini ditujukan untuk mengamati aktivitas bayi dalam kandungan pada trisemester ketiga atau 28 minggu.

Pengamatan itu dilakukan dengan menghitung gerakan janin tiap harinya.

Dalam Ilmu Obstetri, penghitungan frekuensi gerakan janin memang bisa dilakukan oleh semua orang dan dapat menjadi metode untuk mengetahui kondisi kesehatan janin.

Sayangnya, ibu hamil ataupun keluarga sering kali tidak tahu atau kebingungan dalam mempraktikkannya.

Taufan sebagai salah satu pencetus aplikasi menyebut fakta akan tingginya angka kematian bayi yang diawali dengan penurunan gerak janin menjadi konsen mereka dalam mengembangkan aplikasi ini.

Data menunjukkan setiap tahunnya ada 3,2 juta kematian bayi dalam kandungan. Sekitar 55 persen kematian diawali dengan penurunan frekuensi pergerakan janin yang juga dirasakan oleh ibu.

"Sayangnya banyak ibu maupun keluarga yang belum memahami deteksi dini tersebut," kata Taufan melansir laman Unair, Selasa (4/5/2021).

Namun di balik itu semua, TIMANG App ternyata juga memiliki arti personal bagi Taufan.

Baca juga: Guru Besar IPB: Tanaman Ini Pelancar ASI Buat Ibu-ibu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X