Kompas.com - 04/05/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi
M LATIEF/KOMPAS.comIlustrasi
|

KOMPAS.com - Berdasar data Dinas Pendidikan Gorontalo, dari total 50.831 murid SMA/SMK/SLB di Gorontalo, tercatat 500 orang di antaranya memilih tidak lagi melanjutkan sekolah.

Karenanya, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyatakan kualitas pendidikan di Provinsi Gorontalo harus segera diperbaiki.

Menurut Gobel, agar SDM Gorontalo bisa bersaing, kuncinya dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan menurunkan angka putus sekolah.

Baca juga: Ketua DPR: Hardiknas, Kemendikbud Ristek Harus Cermati Angka Putus Sekolah

Hal itu disampaikan Gobel saat bersilaturahmi dengan ormas Islam dan para Rektor PTN/PTS se-Gorontalo, Senin (3/5/2021).

"Itulah kenapa saya mengajak bapak-ibu sebagai tokoh pendidikan dan tokoh agama untuk saling bersinergi dalam hal ini," ujar Gobel seperti dikutip dari laman DPR RI.

Bisa segera dievaluasi

Tujuannya tentu agar bisa mengevaluasi apa sebenarnya masalah yang dihadapi oleh sekolah dan perguruan tinggi, dari mulai peserta didik maupun guru-guru dan dosennya harus ditingkatkan kapasitas dan kapabilitasnya.

Tentu agar bisa memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada para anak didiknya.

Sebelumnya, pihaknya telah bertemu dengan jajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) agar beasiswa di Gorontalo dapat ditingkatkan.

Hasilnya, dari yang semula hanya dialokasikan untuk 1.800 orang, kemungkinan akan naik menjadi sekitar 8.000-an orang.

Baca juga: UB Diapresiasi Komisi X DPR, Peserta UTBK Cukup Terapkan Prokes

Tidak hanya itu, para guru dan dosen juga akan diusahakan mendapatkan program beasiswa dari Kemendikbud Ristek.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X