Kompas.com - 02/05/2021, 20:03 WIB
|

KOMPAS.com - Ada cerita menarik yang bisa dijadikan panutan bagi kita semua, terutama para siswa/pelajar dan mahasiswa bahkan masyarakat.

Kita semua harus menjadi pembelajar sepanjang hidup. Inilah pesan penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi bintang tamu Podcast Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Minggu (2/5/2021).

Podcast digelar dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

Baca juga: Hardiknas: Ki Hajar Dewantara, dari Jebolan Sekolah Dokter hingga Dirikan Perguruan Nasional

Sejak sekolah tak mau kalah

Dalam kesempatan itu, Mendikbud Ristek Nadiem banyak memberikan pertanyaan kepada Presiden Jokowi. Salah satu yang menarik ialah pertanyaan:

"Tipe pelajar apa sih Pak Presiden ketika masih sekolah dan waktu kuliah dulu, Pak?"

Presiden Jokowi pun menjawab dengan santai bahwa dirinya sejak sekolah dari SD hingga kuliah itu orangnya memang tidak mau kalah.

Artinya, Jokowi melihat ada temannya yang belajar pada malam hari satu jam, maka Jokowi belajarnya dua jam.

"Saya tahu dia belajarnya satu jam, saya belajarnya dua jam. Habis subuh misalnya teman saya belajarnya 30 menit, saya satu jam," ucap Jokowi.

Bahkan misalnya ada temannya yang juara satu belajarnya itu dua jam. Maka Presiden Jokowi akan belajar selama empat jam.

Agar cita-cita terwujud

Kenapa dengan cara seperti itu? Menurut Jokowi, karena dengan belajar maka kita semua bisa mewujudkan cita-cita.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.