Kompas.com - 02/05/2021, 09:48 WIB
Nadiem Makarim saat memimpin upacara Hardiknas 2021. DOK. tangakapan layar Youtube KemendikbudristekNadiem Makarim saat memimpin upacara Hardiknas 2021.

KOMPAS.com - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali kedua dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat selama pandemi Covid-19.

Meski begitu, antusiasme para guru mengikuti upacara sangat tinggi walau dilakukan secara virtual.

Di hadapan para guru, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan terus memperbaiki pendidikan di Indonesia dengan transformasi melalui terobosan merdeka belajar.

"Sudah 10 episode merdeka belajar diluncurkan. Kami berusaha, upaya ini terus berlanjut hingga ke depan," kata dia, saat memimpin upacara Hardiknas 2021 secara virtual, Minggu (2/5/2021).

"Hari ini adalah sebuah momen yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi," jelasnya.

Baca juga: Mendikbud Terapkan 8 Syarat Penting Upacara Hardiknas 2 Mei

Transformasi yang ia maksud, ialah transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia ingin, semua anak di Indonesia bisa belajar nilai-nilai yang sudah disampaikan Ki Hajar Dewantara.

"Termasuk, para pelajar bisa menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar," lanjutnya.

Nadiem menegaskan pihaknya terus melakukan transformasi untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan program merdeka belajar. Ada 4 upaya yang dilakukan oleh Kemendikbudristek, diantaranya:

1. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.